Cara Buat Rica Rica Ayam Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana di artikel kami kali ini! Kali ini kita akan membahas cara buat rica rica ayam sederhana yang pastinya akan membuat lidah Sobat Sederhana bergoyang. Tidak perlu khawatir karena resep yang akan kami bagikan sangat mudah untuk diikuti oleh siapapun. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dan mari kita mulai membuat rica rica ayam yang lezat ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai memasak rica rica ayam, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ayam
500 gram
Bawang putih
5 siung
Bawang merah
5 siung
Cabe merah
10 buah
Tomat
2 buah
Serai
1 batang
Daun jeruk
2 lembar
Daun salam
2 lembar
Garam
Secukupnya
Gula
Secukupnya
Air
100 ml
Minyak goreng
Secukupnya

Cara Membuat

1. Membersihkan Ayam

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus membersihkan ayam terlebih dahulu. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera. Lalu cuci ayam hingga bersih dan tiriskan.

2. Membuat Bumbu

Siapkan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah. Iris bawang putih dan bawang merah, lalu iris cabe merah dan tomat menjadi beberapa bagian kecil. Tumbuk atau blender bumbu tersebut hingga halus.

3. Menggoreng Ayam

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Lalu angkat ayam dan tiriskan minyak yang berlebihan.

4. Membuat Rica-rica

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Lalu masukkan ayam yang telah digoreng tadi. Aduk sampai ayam tercampur rata dengan bumbu.

5. Menambahkan Garam dan Gula

Tambahkan garam dan gula secukupnya ke dalam rica-rica ayam tadi. Aduk kembali hingga merata.

TRENDING 🔥  Cara Mendekor Panggung Sederhana

6. Menambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam rica-rica ayam. Masak kembali hingga bumbu meresap dan air menyusut.

7. Sajikan Rica-rica Ayam

Rica-rica ayam sederhana siap untuk disajikan, Sobat Sederhana bisa menambahkan sedikit daun bawang untuk penyedap. Rica-rica ayam ini cocok disajikan dengan nasi panas.

FAQ

1. Apakah rica-rica ayam ini pedas?

Ya, rica-rica ayam ini memang memiliki rasa pedas karena menggunakan cabe merah sebagai bahan utama. Namun, Sobat Sederhana bisa menyesuaikan dengan selera sendiri.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat rica-rica ayam?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat rica-rica ayam ini tidak terlalu lama. Dalam waktu kurang dari 1 jam, rica-rica ayam bisa selesai dibuat.

3. Apakah ada bahan yang bisa diganti atau dihilangkan?

Tentu saja, Sobat Sederhana bisa mengganti atau menghilangkan bahan yang tidak disukai atau tidak tersedia. Namun, pastikan rasa yang dihasilkan tetap enak dan lezat.

Kesimpulan

Nah Sobat Sederhana, itulah tadi cara buat rica-rica ayam sederhana yang bisa kamu coba di rumah sendiri. Resep ini sangat mudah dan simpel sehingga siapapun bisa membuatnya. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman-temanmu ya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Rica Rica Ayam Sederhana