Cara Membuat Pisang Nugget yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pisang nugget yang sederhana. Pisang nugget merupakan salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia. Camilan ini sangat cocok untuk disajikan di saat-saat tertentu seperti saat bersantai dengan keluarga.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum memulai cara membuat pisang nugget yang sederhana, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Pisang
4 buah
Tepung terigu
100 gram
Tepung roti
100 gram
Tepung maizena
50 gram
Gula pasir
100 gram
Susu kental manis
100 ml
Air
200 ml
Minyak goreng
secukupnya

Cara membuat:

1. Siapkan pisang

Bersihkan dan kupas pisang, kemudian potong menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Setelah itu, sisihkan sejenak.

2. Siapkan adonan

Campurkan tepung terigu, tepung roti, tepung maizena, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Setelah itu, tambahkan susu kental manis dan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.

3. Goreng pisang

Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang. Ambil satu potongan pisang, celupkan ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaannya tertutup adonan, kemudian masukkan ke dalam minyak goreng yang sudah panas. Lakukan hal yang sama pada potongan pisang yang lainnya. Goreng pisang hingga berwarna kecoklatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

4. Sajikan Pisang Nugget

Pisang nugget siap disajikan, Sobat Sederhana dapat menambahkan saus coklat atau saus karamel untuk menambah cita rasa. Pisang nugget ini dapat dinikmati sebagai camilan sehari-hari, ataupun sebagai menu spesial saat ada tamu di rumah.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Power Bank Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah pisang nugget ini sehat?

Sebenarnya, pisang nugget ini mengandung kadar gula yang cukup tinggi karena dibalut dengan tepung roti dan gula. Namun, jika Sobat Sederhana mengonsumsi dalam porsi yang tepat, pisang nugget ini tidak akan membahayakan kesehatan.

2. Bisakah pisang nugget ini disimpan dalam waktu yang lama?

Pisang nugget dapat disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, pastikan nugget sudah dingin terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari es. Jangan lupa untuk memanaskan kembali pisang nugget sebelum disajikan lagi.

3. Apa saja variasi pisang nugget yang bisa dibuat?

Pisang nugget dapat divariasikan dengan tambahan coklat, keju, kacang, atau bubuk kayu manis. Sobat Sederhana bisa bereksperimen dengan bahan-bahan yang ada di dapur untuk menciptakan variasi pisang nugget yang unik dan lezat.

4. Apa bahan pengganti tepung terigu yang bisa digunakan?

Untuk Sobat Sederhana yang tidak ingin menggunakan tepung terigu, bisa menggunakan tepung ketan atau tepung beras sebagai bahan pengganti. Namun, perlu diingat bahwa rasa dan tekstur pisang nugget akan sedikit berbeda.

5. Bagaimana cara membuat saus coklat atau saus karamel?

Untuk membuat saus coklat, campurkan 100 gram coklat batangan dengan 50 ml susu cair. Lelehkan coklat dengan cara ditim. Setelah meleleh, tambahkan 1 sendok makan margarin dan aduk hingga rata. Saat saus sudah mulai mengental, saus coklat siap disajikan.

Untuk membuat saus karamel, campurkan 100 gram gula pasir dengan 50 ml air dalam sebuah wajan. Panaskan wajan di atas api sedang hingga gula larut dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, tambahkan 50 ml susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata. Aduk terus hingga rasa sudah pas, dan saus karamel siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Untuk Melukis Gambar Orang

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pisang Nugget yang Sederhana