Cara Buat Petasan Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat petasan sederhana yang bisa kamu coba dirumah. Petasan merupakan sebuah mainan klasik yang sering dimainkan pada saat perayaan hari besar seperti Imlek, Hari Kemerdekaan, dan lain-lain. Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat petasan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Simak baik-baik ya Sobat Sederhana.

Daftar Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat petasan, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Nama Bahan
Jumlah
Kertas Minyak
1 lembar
Korek Api
1 buah
Kapur Barus
2 butir
Mampe
1-2 helai
Tali Rafia
1 meter

Cara Membuat

1. Membuat Bahan Peledak

Langkah pertama dalam membuat petasan adalah membuat bahan peledak terlebih dahulu. Berikut cara membuatnya:

1. Ambil kapur barus dan haluskan hingga menjadi serbuk. Jangan sampai terlalu halus ya Sobat, karena harus memiliki tekstur yang kasar agar mudah terbakar.

2. Campurkan kapur barus yang sudah dihaluskan dengan mampe. Mampe berfungsi sebagai bahan pengikat antara kapur barus dan tali rafia.

3. Bentuk campuran kapur barus dan mampe menjadi bulat-bulat kecil seukuran kelereng.

4. Letakkan bahan peledak tersebut di atas kertas minyak dan bungkus dengan rapat. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan agar bahan peledak tidak kering.

2. Membuat Tabung Petasan

Setelah membuat bahan peledak, langkah selanjutnya adalah membuat tabung petasan. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Ambil kertas minyak dan gulung hingga membentuk tabung. Pastikan kertas minyak tertutup sempurna tanpa adanya celah atau lubang.

2. Gerus bagian atas kertas minyak hingga membentuk lekukan. Bagian lekukan ini nantinya akan digunakan untuk meletakkan bahan peledak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Animasi Sederhana Adobe Flash CS5

3. Masukkan bahan peledak ke dalam tabung petasan menggunakan korek api. Pastikan bahan peledak sudah masuk ke dalam lekukan dan tertutup rapat oleh kertas minyak.

3. Menyalakan Petasan

Setelah tabung petasan selesai dibuat, langkah terakhir adalah menyalakan petasan. Berikut adalah cara menyalakannya:

1. Pilih tempat yang aman dan jauh dari benda-benda mudah terbakar untuk menyalakan petasan.

2. Pegang tabung petasan dengan tangan kiri dan pegang korek api dengan tangan kanan.

3. Letakkan ujung korek api di bagian atas kertas minyak dan gesekan ke bawah. Pastikan api dari korek api masuk ke dalam lekukan dan menyalakan bahan peledak.

4. Tunggu beberapa detik hingga bahan peledak meledak. Jangan dekati tabung petasan saat menunggu meledaknya bahan peledak.

FAQ

1. Dapatkah bahan-bahan yang digunakan mudah didapat?

Ya, bahan-bahan yang digunakan dapat dengan mudah didapat di toko bangunan atau di pasar tradisional.

2. Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat petasan?

Yang harus diperhatikan saat membuat petasan adalah tempat yang aman, jangan sampai dekat dengan benda-benda mudah terbakar. Selain itu, pastikan bahan peledak sudah rapat tertutup dan tidak ada udara yang masuk.

3. Apakah petasan dapat membahayakan?

Ya, petasan dapat membahayakan jika tidak digunakan dengan benar. Sebaiknya gunakan petasan di tempat terbuka dan jauh dari benda-benda mudah terbakar.

Penutup

Sekian tutorial dari kami tentang cara membuat petasan sederhana. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, kamu bisa mencoba membuat petasan di rumah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan petasan ya Sobat Sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Petasan Sederhana