Cara Buat Pengering Padi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu memiliki lahan pertanian yang sering dijadikan tempat bercocok tanam padi? Jika iya, tentunya kamu membutuhkan alat pengering padi. Pengering padi merupakan alat yang sangat penting untuk mengurangi tingkat kelembaban di dalam butiran padi. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat pengering padi sederhana yang bisa kamu coba dirumah. Selain itu, kami juga akan memberikan jawaban untuk beberapa pertanyaan umum terkait pengering padi. Yuk, simak artikel berikut!

1. Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membuat Pengering Padi Sederhana

Sebelum memulai membuat pengering padi, tentunya kamu harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan:

1
Ember
2
3 meter pipa PVC diameter 4 inchi
3
2 buah siku PVC dengan diameter 4 inchi yang berbentuk L
4
1 buah kipas angin yang memiliki kekuatan sedang
5
1 buah korset plastik
6
2 buah penyaring udara mobil bekas
7
1 buah volt meter
8
1 buah termometer
9
1 buah timer listrik
10
Baut, sekrup, dan kabel listrik

Dengan menyiapkan peralatan di atas, kamu sudah siap untuk membuat pengering padi sederhana.

2. Cara Membuat Pengering Padi Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pengering padi sederhana:

Step 1: Potong Pipa PVC

Pertama-tama, potong pipa PVC menjadi tiga bagian dengan panjang 1 meter, lalu satukan ketiga pipa tersebut dengan menggunakan siku PVC yang berbentuk L.

Step 2: Pasang Penyaring Udara

Selanjutnya, pasang penyaring udara mobil bekas pada kedua bagian ujung pipa PVC yang sudah disatukan, sehingga udara yang akan masuk ke dalam pengering padi sudah bersih dari debu dan kotoran.

Step 3: Pasang Kipas Angin

Pasang kipas angin pada salah satu ujung pipa PVC, kemudian pasang korset plastik sebagai tempat kipas angin, dan jangan lupa untuk memasang penyaring udara pada bagian masuk udara kipas angin.

TRENDING 🔥  Hello Sobat Sederhana!

Step 4: Pasang Volt Meter dan Termometer

Pasang volt meter dan termometer pada sisi berbeda pada bagian pengering padi, sehingga kamu bisa memantau suhu dan tegangan listrik yang dibutuhkan oleh pengering padi.

Step 5: Pasang Timer Listrik

Pasang timer listrik pada kabel listrik pengering padi, sehingga pengering padi bisa diatur sesuai dengan kebutuhan untuk mengeringkan padi.

Step 6: Beri Penyangga

Terakhir, beri penyangga pada pengering padi agar stabil dan tidak mudah bergeser saat digunakan.

3. Pertanyaan Umum tentang Pengering Padi

Q: Apa fungsi pengering padi?

A: Fungsi pengering padi adalah untuk mengurangi tingkat kelembaban di dalam butiran padi, sehingga padi bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan padi menggunakan pengering padi sederhana?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan padi menggunakan pengering padi sederhana adalah sekitar 2-3 hari.

Q: Berapa kapasitas padi yang bisa dijemur menggunakan pengering padi sederhana?

A: Kapasitas padi yang bisa dijemur menggunakan pengering padi sederhana tergantung dari ukuran dan jumlah pipa PVC yang digunakan. Namun, pengering padi sederhana biasanya bisa mengeringkan sekitar 10-15 kilogram padi dalam satu kali pemakaian.

4. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat pengering padi sederhana yang bisa kamu coba dirumah. Dengan membuat pengering padi sederhana ini, kamu bisa mengurangi biaya pengeringan padi secara signifikan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko bangunan atau pasar tradisional. Jangan lupa untuk selalu mengikuti langkah-langkah yang ada agar pengering padi bisa berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Pengering Padi Sederhana untuk Sobat Sederhana