Cara Buat Pendingin Ruangan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa kesulitan saat cuaca panas dan tidak ada pendingin ruangan di sekitar? Tentu saja, hal ini sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu kenyamanan kita di rumah atau di kantor. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat pendingin ruangan sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, simak artikel berikut!

Apa itu Pendingin Ruangan?

Pendingin ruangan adalah alat yang digunakan untuk menurunkan suhu udara di dalam ruangan sehingga terasa lebih sejuk dan nyaman. Pendingin ruangan terdiri dari beberapa tipe, seperti AC (Air Conditioner), kipas angin, dan pendingin evaporatif. Tapi, kali ini kita akan membahas cara membuat pendingin ruangan sederhana yang menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan hemat biaya.

Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, di antaranya:

Bahan-Bahan
Jumlah
Kotak Styrofoam atau Plastik
1 buah
Pendingin Udara Mini
1 buah
Pipa PVC
2 meter
Klem Pipa
4 buah
Kawat Baja Ringan
30 cm
Flexi Hose
1 meter
Botol Plastik Bekas
2 buah
Es Batu
Sesuai kebutuhan

Langkah Membuat Pendingin Ruangan Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat pendingin ruangan sederhana:

1. Potong Pipa PVC

Potong pipa PVC menjadi empat bagian dengan ukuran yang sama yaitu sekitar 50 cm.

2. Pasang Klem Pipa

Pasang klem pipa pada ujung pipa PVC sehingga bisa digunakan untuk menggantung pendingin udara.

3. Buat Kaki Pendingin

Buat kaki pendingin dengan menggunakan kawat baja ringan. Bungkus kawat dengan bahan isolasi agar tidak mudah berkarat.

4. Potong Botol Plastik

Potong botol plastik menjadi dua bagian. Bagian bawah botol akan digunakan untuk menampung es batu, sedangkan bagian atas akan digunakan untuk meletakkan pipa PVC yang sudah dipasangi klem.

TRENDING 🔥  Kata Kata Lucu Bahagia dengan Cara Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Letakkan Pipa PVC

Letakkan pipa PVC pada bagian atas botol plastik. Pastikan pipa dapat bergerak bebas dan tidak terlalu longgar sehingga nantinya bisa digantungkan oleh klem pipa.

6. Pasang Pendingin Udara

Pasang pendingin udara pada kotak styrofoam atau plastik. Pastikan ukuran pendingin sesuai dengan ukuran kotak.

7. Hubungkan Pipa dengan Pendingin Udara

Hubungkan pipa PVC dengan pendingin udara menggunakan flexi hose. Pastikan flexi hose tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek sehingga mudah disambungkan ke pipa PVC dan pendingin udara.

8. Masukkan Es Batu

Masukkan es batu ke dalam bagian bawah botol plastik. Pastikan es batu dapat menutupi pipa PVC sehingga udara yang masuk melalui pipa dapat lebih dingin.

9. Uji Coba Pendingin Ruangan

Uji coba pendingin ruangan dengan menghidupkan pendingin udara dan menggantung pipa PVC yang sudah digantungi klem pada kawat baja ringan yang sudah dibuat. Pastikan pipa PVC dapat mencapai udara di sekitar ruangan.

FAQ

1. Apakah Pendingin Ruangan Sederhana ini efektif untuk menurunkan suhu ruangan?

Pendingin ruangan sederhana ini dapat menurunkan suhu ruangan hingga 3 derajat Celsius jika ditempatkan di ruangan dengan ukuran kecil hingga sedang. Namun, jika ditempatkan di ruangan yang besar, efektivitasnya akan menurun.

2. Apakah bahan-bahan yang digunakan aman bagi lingkungan dan kesehatan?

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat pendingin ruangan sederhana ini aman dan tidak berbahaya bagi lingkungan serta kesehatan manusia.

3. Bagaimana cara merawat dan membersihkan pendingin ruangan sederhana?

Cara merawat dan membersihkan pendingin ruangan sederhana ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan bagian pendingin udara sesuai instruksi pada manual book yang disertakan saat pembelian. Selain itu, kamu juga perlu mengganti es batu secara berkala agar pendingin ruangan dapat bekerja secara maksimal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Gochujang Sederhana

4. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat pendingin ruangan sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat pendingin ruangan sederhana ini relatif murah. Harga bahan-bahan yang dibutuhkan berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000, tergantung pada jenis dan merek bahan yang digunakan.

5. Apakah pendingin ruangan sederhana ini dapat digunakan di luar ruangan?

Pendingin ruangan sederhana ini lebih efektif digunakan di dalam ruangan. Jika digunakan di luar ruangan, efektivitasnya akan menurun karena suhu udara di luar ruangan yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pendingin ruangan sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selain murah dan mudah dibuat, pendingin ruangan sederhana ini juga ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dengan menggunakan pendingin ruangan sederhana ini, kamu dapat menikmati suasana yang lebih sejuk dan nyaman di dalam ruangan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Pendingin Ruangan Sederhana untuk Sobat Sederhana