Cara Buat Pen Draw Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pernahkah kalian bermimpi untuk memiliki pen draw sendiri? Tapi, mungkin kalian merasa kesulitan untuk membuatnya karena terlihat sangat rumit. Tenang saja, pada artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana cara membuat pen draw sederhana yang mudah untuk diikuti. Tanpa perlu pengalaman teknologi yang mendalam, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

1. Pipa PVC diameter 1/2 inci sepanjang 20 cm
2. Pipa PVC diameter 3/4 inci sepanjang 20 cm
3. Klep PVC
4. Lem PVC
5. Isolasi listrik
6. Kabel USB bekas atau kabel USB yang sudah tidak terpakai
7. Perekat kawat
8. Motor DC 5-12V
9. Potensio 100k Ohm
10. Kawat tembaga
11. Jumper kabel
12. LED 5mm
13. Saklar on/off

Bahan-bahan di atas dapat Sobat Sederhana dapatkan di toko bangunan atau gadget terdekat. Setelah menyiapkan semua bahan, kita bisa memulai langkah-langkah membuat pen draw sederhana ini.

Langkah-Langkah Membuat Pen Draw Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pen draw sederhana:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Pastikan sudah memiliki semua alat dan bahan untuk memudahkan dalam pengerjaan.

2. Potong Pipa PVC

Potong pipa PVC diameter 1/2 inci dan 3/4 inci masing-masing sepanjang 20 cm. Kemudian, potong potongan pipa tersebut dengan gergaji besi. Setelah dipotong, bersihkan potongan pipa agar tidak ada sisa-sisa yang mengganggu.

3. Sambungkan Pipa PVC

Sambungkan pipa PVC diameter 1/2 inci dan 3/4 inci dengan menggunakan klep PVC. Pasang klep PVC pada ujung pipa PVC diameter 1/2 inci, kemudian sambungkan dengan pipa PVC diameter 3/4 inci. Pastikan kencang dan tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Merangkai Bunga Sederhana dan Mudah

4. Pasang Motor DC

Pasang motor DC di dalam pipa PVC diameter 3/4 inci. Letakkan motor di tengah-tengah pipa PVC dan pasang dengan menggunakan lem PVC. Pastikan motor terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergeser.

5. Pasang Potensio

Pasang potensio di ujung pipa PVC diameter 1/2 inci yang tidak terpasang dengan klep PVC. Pasang potensio dengan menggunakan lem PVC dan kencangkan dengan perekat kawat. Kemudian, pasang led 5mm pada potensio dengan menggunakan kawat tembaga.

6. Pasang Saklar On/Off

Pasang saklar on/off pada pipa PVC diameter 1/2 inci yang berada di depan potensio. Buka bagian tengah saklar dan pasang pada pipa PVC, kemudian kencangkan.

7. Sambungkan Motor DC dengan Potensio

Sambungkan motor DC dengan potensio menggunakan jumper kabel. Sambungkan kabel positif motor DC dengan kabel saklar on/off, kemudian sambungkan dengan potensio. Sambungkan kabel negatif motor DC dengan kabel potensio.

8. Pasang Kabel USB

Pasang kabel USB pada pipa PVC diameter 1/2 inci yang berada di belakang potensio. Lubangi pipa dengan pisau cutter dan masukkan ujung kabel USB ke dalam pipa. Pastikan kabel tidak mudah lepas dan kencangkan dengan perekat kawat.

9. Pasang Isolasi Listrik

Pasang isolasi listrik pada bagian dalam pipa PVC agar motor DC tidak menyentuh pipa secara langsung. Letakkan isolasi listrik pada pipa PVC diameter 3/4 inci dan di sekitar motor DC. Potong isolasi listrik sesuai ukuran dan pasang dengan kawat tembaga.

10. Selesai

Pen draw sederhana sudah jadi! Sekarang, Sobat Sederhana bisa mencoba menggunakan pen draw yang sudah dibuat. Gunakan kabel USB untuk menghubungkan pen draw dengan laptop atau komputer. Kemudian, atur kecepatan motor dengan memutar potensio. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Cetak Pelet Sederhana

FAQ

1. Apa saja alat yang diperlukan untuk membuat pen draw sederhana?

Beberapa alat yang diperlukan antara lain gergaji besi, lem PVC, perekat kawat, kawat tembaga, dan jumper kabel.

2. Dimana saya bisa mendapatkan bahan-bahan untuk membuat pen draw sederhana?

Bahan-bahan dapat Sobat Sederhana dapatkan di toko bangunan atau gadget terdekat.

3. Bisakah saya menggunakan motor DC dengan voltase yang berbeda?

Ya, bisa. Namun, pastikan motor DC yang digunakan sesuai dengan potensio dan saklar yang digunakan.

4. Bagaimana cara mengatur kecepatan motor?

Anda dapat mengatur kecepatan motor dengan memutar potensio.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat pen draw sederhana yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sobat Sederhana hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan dapat menjadi referensi untuk membuat pen draw sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Pen Draw Sederhana