Cara Buat Pempek Dos Sederhana

Salam hangat, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan kuliner khas Palembang yang satu ini? Ya, pempek dos menjadi makanan yang paling dicintai oleh masyarakat Indonesia. Meski terlihat rumit, ternyata membuat pempek dos sederhana bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Yuk, simak cara membuat pempek dos sederhana berikut ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat pempek dos, ada baiknya untuk menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung sagu
500 gram
Tepung terigu
50 gram
Udang cincang halus
300 gram
Bawang putih cincang halus
5 siung
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air dingin
1,5 liter
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

1. Membuat Adonan Pempek

Pertama-tama, siapkan tepung sagu dan terigu dalam satu wadah. Campurkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis. Setelah itu, bentuk adonan seperti bola kecil dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, pipihkan bola adonan dan tambahkan udang cincang halus, bawang putih cincang halus, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga adonan tercampur dengan baik.

2. Membuat Pempek Dos

Siapkan panci berisi air dan panaskan hingga mendidih. Setelah itu, masukkan bola adonan yang sudah diberi isian udang tadi ke dalam air mendidih. Biarkan hingga bola adonan mengapung, yang menandakan bahwa pempek dos sudah matang.

Setelah matang, angkat bola adonan dan tiriskan. Lakukan proses yang sama hingga semua bola adonan telah dimasak.

3. Menghidangkan Pempek Dos

Pempek dos yang telah matang dapat dihidangkan dengan cara dipotong-potong dan diberi saus cuko. Saus cuko terdiri dari cuka, gula, air, bawang putih, cabai, dan garam. Tambahkan minyak goreng secukupnya agar rasa saus cuko semakin enak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Papan Informasi Mading Sederhana Rumahan

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pempek dos?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pempek dos kurang lebih 1-2 jam tergantung pada jumlah adonan yang dibuat.

2. Apakah tepung sagu bisa diganti dengan tepung tapioka atau tepung kanji?

Bisa, sebab tepung sagu, tapioka, dan kanji hampir sama caranya dalam pembuatan pempek dos. Perbedaannya hanya pada tekstur yang dihasilkan dari ketiga jenis tepung tersebut.

3. Apakah pempek dos dapat disimpan dalam lemari es?

Ya, pempek dos yang telah matang dapat disimpan dalam lemari es untuk jangka waktu beberapa hari. Namun, sebaiknya tidak terlalu lama karena dapat mengurangi kenikmatan rasa pempek dos.

4. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti udang pada pempek dos?

Bagi yang alergi atau tidak suka dengan udang, bisa menggunakan daging ikan sebagai pengganti udang. Atau bisa membuat pempek kapal selam yang isian udangnya diganti dengan telur ayam.

5. Bagaimana cara mengetahui apakah pempek dos sudah matang?

Pempek dos yang sudah matang akan mengapung di permukaan air dalam panci. Namun, ada baiknya untuk mengecek dengan memotong salah satu pempek dos dan memeriksa apakah bagian dalamnya telah matang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Terima kasih Sobat Sederhana!

Cara Buat Pempek Dos Sederhana