Cara Buat Pancake Sederhana: Resep Mudah untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana!

Apa Itu Pancake?

Pancake adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, dan gula. Biasanya dimakan pada saat sarapan atau makan siang. Tidak hanya lezat, pancake juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Komposisi Bahan-bahan

Untuk membuat pancake sederhana, Sobat Sederhana memerlukan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Telur
2 butir
Susu
200 ml
Gula
2 sendok makan
Garam
1/4 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Margarin
2 sendok makan, lelehkan

Pastikan semua bahan telah tersedia sebelum memulai membuat pancake.

Cara Membuat Pancake Sederhana

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan, gunakan wadah yang cukup besar untuk memudahkan proses pencampuran adonan.

2. Campurkan Bahan

Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan baking powder ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata.

3. Tambahkan Telur dan Susu

Tambahkan telur dan susu ke dalam adonan, aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Tambahkan margarin cair, aduk kembali hingga merata.

4. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama 10-15 menit, biarkan adonan istirahat agar campuran bahan dapat tercampur sempurna dan pancake dapat mengembang dengan baik.

5. Panaskan Wajan

Panaskan wajan dengan api sedang, tambahkan sedikit margarin atau minyak goreng agar tidak lengket. Pastikan wajan telah cukup panas sebelum menuangkan adonan.

6. Tuang Adonan ke Wajan

Tuang adonan ke atas wajan dengan jumlah secukupnya, jangan terlalu banyak agar mudah diangkat dan dipindahkan. Tunggu hingga muncul gelembung kecil pada permukaan pancake, kemudian balik dan masak hingga matang.

7. Angkat dan Sajikan

Angkat pancake dari wajan dan letakkan di atas piring. Ulangi proses hingga adonan habis. Hidangkan pancake sederhana dengan topping sesuai selera. Selamat menikmati!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kolam Air Mancur Sederhana

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah Bisa Menggunakan Tepung Gandum?

Ya, Sobat Sederhana bisa menggunakan tepung gandum sebagai pengganti tepung terigu. Namun, pastikan jumlahnya disesuaikan agar adonan tidak terlalu lembek atau keras.

2. Apakah Bisa Menggunakan Gula Pasir Biasa?

Ya, bisa digunakan gula pasir biasa sebagai pengganti gula halus. Akan tetapi, pastikan gula telah larut dengan baik agar tidak ada butiran gula yang terasa saat memakan pancake.

3. Apakah Bisa Menambahkan Topping Keju?

Tentu saja! Sobat Sederhana bisa menambahkan topping keju parut, saus cokelat, sirup maple, atau buah-buahan sesuai selera.

4. Bagaimana Cara Membuat Pancake Mengembang?

Pastikan adonan telah diistirahatkan selama 10-15 menit dan tunggu hingga muncul gelembung di atas permukaan pancake sebelum membaliknya. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tidak merusak struktur gluten pada tepung terigu.

5. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Pancake?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pancake sederhana sekitar 20-30 menit, tergantung jumlah adonan yang dibuat dan jumlah pancake yang ingin dihasilkan.

Penutup

Itulah cara membuat pancake sederhana yang mudah dan praktis untuk Sobat Sederhana coba di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan kreasikan dengan berbagai macam topping yang lezat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Pancake Sederhana: Resep Mudah untuk Sobat Sederhana