Cara Buat Notifikasi Hapus Code Igniter Sederhana

Hello Sobat Sederhana, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat notifikasi hapus di Code Igniter dengan mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi web menggunakan Code Igniter.

Pendahuluan

Code Igniter merupakan salah satu framework PHP yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para developer. Dengan Code Igniter, kita dapat membuat aplikasi web dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam pembuatan aplikasi web adalah fitur hapus data. Namun, tidak semua developer menambahkan fitur notifikasi hapus pada aplikasinya. Padahal, notifikasi hapus dapat memudahkan pengguna dalam menghapus data pada aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Apa itu Notifikasi Hapus?

Notifikasi hapus adalah pesan yang muncul saat pengguna menghapus data pada aplikasi. Notifikasi ini biasanya berisi pesan konfirmasi apakah pengguna ingin benar-benar menghapus data atau tidak. Dengan adanya notifikasi hapus, pengguna dapat memastikan bahwa data yang akan dihapus adalah data yang benar-benar ingin dihapus. Notifikasi hapus juga dapat memberikan feedback kepada pengguna bahwa aksi hapus yang dilakukan telah berhasil dilakukan.

Cara Membuat Notifikasi Hapus di Code Igniter

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat notifikasi hapus di Code Igniter:

No
Langkah-langkah
1
Buka file controller yang ingin ditambahkan notifikasi hapusnya.
2
Tambahkan function untuk menghapus data.
3
Tambahkan kode untuk menampilkan pesan konfirmasi hapus.
4
Tambahkan kode untuk menghapus data dan menampilkan notifikasi hapus.

1. Buka file controller yang ingin ditambahkan notifikasi hapusnya

Langkah pertama adalah membuka file controller yang ingin ditambahkan notifikasi hapusnya. File controller biasanya berada di folder application/controllers. Pilih file controller yang ingin ditambahkan notifikasi hapusnya, misalnya file Mahasiswa.php.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pizza Teflon Sederhana Tanpa Ragi

2. Tambahkan function untuk menghapus data

Langkah kedua adalah menambahkan function untuk menghapus data. Function ini biasanya dinamakan delete atau destroy. Berikut adalah contoh kode function delete:

public function delete($id){$this->db->delete('mahasiswa', array('id' => $id));}

3. Tambahkan kode untuk menampilkan pesan konfirmasi hapus

Langkah ketiga adalah menambahkan kode untuk menampilkan pesan konfirmasi hapus. Kode ini biasanya ditempatkan pada view yang menampilkan data yang akan dihapus. Berikut adalah contoh kode untuk menampilkan pesan konfirmasi hapus:

<script type="text/javascript">function confirmDelete() {var x = confirm("Apakah anda yakin ingin menghapus data ini?");if (x)return true;elsereturn false;}</script>

4. Tambahkan kode untuk menghapus data dan menampilkan notifikasi hapus

Langkah terakhir adalah menambahkan kode untuk menghapus data dan menampilkan notifikasi hapus. Kode ini biasanya ditempatkan pada function yang telah ditambahkan pada langkah kedua. Berikut adalah contoh kode untuk menghapus data dan menampilkan notifikasi hapus:

public function delete($id){$this->db->delete('mahasiswa', array('id' => $id));$this->session->set_flashdata('message', 'Data berhasil dihapus.');redirect('mahasiswa');}

FAQ

1. Apa itu Code Igniter?

Code Igniter merupakan salah satu framework PHP yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para developer. Dengan Code Igniter, kita dapat membuat aplikasi web dengan lebih mudah dan cepat.

2. Apa itu notifikasi hapus?

Notifikasi hapus adalah pesan yang muncul saat pengguna menghapus data pada aplikasi. Notifikasi ini biasanya berisi pesan konfirmasi apakah pengguna ingin benar-benar menghapus data atau tidak.

3. Mengapa harus menambahkan notifikasi hapus pada aplikasi?

Dengan adanya notifikasi hapus, pengguna dapat memastikan bahwa data yang akan dihapus adalah data yang benar-benar ingin dihapus. Notifikasi hapus juga dapat memberikan feedback kepada pengguna bahwa aksi hapus yang dilakukan telah berhasil dilakukan.

4. Bagaimana cara menambahkan notifikasi hapus di Code Igniter?

Langkah-langkah untuk menambahkan notifikasi hapus di Code Igniter adalah sebagai berikut:

  1. Buka file controller yang ingin ditambahkan notifikasi hapusnya.
  2. Tambahkan function untuk menghapus data.
  3. Tambahkan kode untuk menampilkan pesan konfirmasi hapus.
  4. Tambahkan kode untuk menghapus data dan menampilkan notifikasi hapus.
TRENDING 🔥  Cara Buat Glodok Lovebird Sederhana

Kesimpulan

Dalam pembuatan aplikasi web, notifikasi hapus sangat penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, sobat dapat membuat notifikasi hapus di Code Igniter dengan mudah dan sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Notifikasi Hapus Code Igniter Sederhana