Cara Buat Mesin Tato Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat mesin tato sederhana. Tato adalah salah satu bentuk seni yang banyak diminati orang, baik itu hanya sebagai hobi ataupun sebagai profesi. Namun, tidak semua orang mampu membeli mesin tato yang mahal. Oleh karena itu, kali ini kita akan mengajarkan cara membuat mesin tato sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mesin tato sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, di antaranya:

Alat
Bahan
Power Supply 12V DC
Motor DC 9V
Ampere Meter
Pen Ink
Foot Switch
Needle
Clip Cord
Plastic Container
Carbon Paper
Scissor
Pair of Plier
Glue Gun

Setelah semua alat dan bahan sudah tersedia, mari kita mulai membuat mesin tato sederhana.

Langkah-langkah Membuat Mesin Tato Sederhana

1. Persiapkan Motor DC

Langkah pertama adalah mempersiapkan motor DC 9V. Ambil motor dan potong kabelnya. Kemudian, buka bagian atas motor dan pisahkan roda gigi dari poros motor. Setelah itu, pasang kabel merah dan hitam di koneksi positif dan negatif motor.

2. Buat Housing Motor

Untuk membuat housing motor, ambil wadah plastik bekas dan ukur panjang housing motor. Setelah itu, gunting wadah plastik dengan ukuran yang telah diukur tadi menggunakan gunting.

3. Pasang Motor di Housing

Selanjutnya, pasang motor di housing yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan gunting dan lem. Pastikan motor sudah terpasang dengan rapat di dalam housing plastik.

4. Pasang Roda Gigi di Motor

Pasang roda gigi pada poros motor dan rapatkan dengan menggunakan bantalan yang tersedia.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Pasang Needle pada Roda Gigi

Selanjutnya, pasang needle pada roda gigi yang sudah terpasang di poros motor. Pastikan needle dapat bergerak bebas pada roda gigi.

6. Buat Carbon Paper

Buat carbon paper dengan cara menuangkan tinta pena ke atas kertas. Kemudian, ambil kertas yang sudah diberi tinta pena tadi dan tempelkan pada needle di mesin tato.

7. Pasang Power Supply dan Ampere Meter

Pasang power supply dan ampere meter pada housing mesin tato. Pastikan koneksi antara power supply dan ampere meter terpasang dengan benar.

8. Pasang Clip Cord dan Foot Switch

Pasang clip cord dan foot switch pada mesin tato. Pastikan koneksi antara clip cord dan foot switch terpasang dengan benar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa keuntungan membuat mesin tato sederhana sendiri?

Keuntungan membuat mesin tato sederhana sendiri adalah kita bisa menghemat biaya dan juga bisa mengatur spesifikasi mesin tato sesuai dengan kebutuhan kita.

2. Apakah mesin tato sederhana ini aman digunakan?

Mesin tato sederhana ini cukup aman digunakan asalkan kita memenuhi standar keamanan saat melakukan tato. Pastikan kebersihan dan sterilisasi alat sudah dijaga dengan baik.

3. Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mesin tato sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin tato sederhana antara lain motor DC 9V, wadah plastik bekas, needle, power supply, ampere meter, clip cord, foot switch, dan beberapa alat lainnya seperti gunting, tang, dan lem.

4. Apakah mesin tato sederhana ini cocok untuk pemula?

Mesin tato sederhana ini cocok digunakan oleh pemula yang baru ingin belajar membuat dan menggunakan mesin tato. Namun, pemula disarankan untuk belajar dan menguasai teknik tato dengan baik sebelum menggunakan mesin tato ini.

TRENDING 🔥  Cara Buat Bubur Manado Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Apa saja jenis tato yang bisa dibuat dengan mesin tato sederhana?

Mesin tato sederhana ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis tato, seperti tato tribal, tato abstrak, tato binatang, tato huruf, dan masih banyak lagi.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Mesin Tato Sederhana