Cara Buat Mesin Sederhana Membuat Lobang Undangan

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat mesin sederhana untuk membuat lobang undangan. Mesin ini dapat sangat berguna bagi Anda yang sering membuat undangan acara atau sekedar ingin mencoba hal baru.

Apa yang dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan mesin sederhana membuat lobang undangan ini, ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu disiapkan:

Bahan
Peralatan
Plat besi
Bor listrik
Baut dan mur
Gergaji besi
Paku
Penjepit besi
Engsel pintu
Obeng
Lubang kawat
Arc welder

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin sederhana membuat lobang undangan:

1. Persiapan

Siapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Pastikan semua alat dalam kondisi baik dan siap digunakan.

2. Potong Plat Besi

Potong plat besi dengan ukuran 20x30cm menggunakan gergaji besi. Setelah itu, potong lagi plat besi dengan ukuran yang sama untuk mendapatkan dua buah plat besi yang sama.

3. Pasang Engsel Pintu

Pasang engsel pintu pada bagian atas salah satu plat besi menggunakan baut dan mur. Pastikan engsel terpasang dengan kokoh dan kedua plat besi dapat digerakkan dengan mudah.

4. Penyambungan Plat Besi

Setelah itu, sambungkan kedua plat besi yang telah dibuat dengan menyatukan bagian bawah menggunakan lubang kawat. Kemudian, las kedua plat besi.

5. Buat Lubang Undangan

Gambar pola lubang undangan pada salah satu sisi mesin yang telah terpasang engsel. Setelah itu, bor lubang undangan menggunakan bor listrik. Lakukan hal yang sama pada sisi lain mesin.

6. Finishing

Terbilang selesai, mesin sederhana membuat lobang undangan sudah dapat digunakan. Pastikan untuk membersihkan dan merawat mesin setiap kali digunakan.

TRENDING 🔥  Tutorial Cara Membuat Aplikasi Sederhana

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Berapa biaya untuk membuat mesin ini?

Biaya untuk membuat mesin ini tergantung pada harga bahan dan peralatan yang digunakan. Namun, secara kasar biaya dapat mencapai sekitar 500 ribu rupiah.

2. Apa saja manfaat dari mesin ini?

Mesin ini dapat mempermudah Anda dalam membuat lubang undangan dan dapat menghemat waktu serta tenaga. Selain itu, mesin ini juga dapat digunakan untuk membuat lubang pada bahan lain seperti kardus atau plastik.

3. Apakah mesin ini sulit untuk dibuat?

Mesin ini tidak sulit untuk dibuat jika Anda memiliki kemampuan dasar dalam penggunaan alat-alat seperti bor listrik dan gergaji besi. Namun, jika Anda kesulitan, Anda dapat meminta bantuan dari orang yang lebih ahli dalam bidang ini.

Kesimpulan

Dalam membuat mesin sederhana membuat lobang undangan, dibutuhkan beberapa bahan dan peralatan serta langkah-langkah yang harus diikuti dengan benar. Mesin ini dapat sangat berguna dalam membuat undangan acara atau sekedar mencoba hal baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat mesin ini sendiri.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Mesin Sederhana Membuat Lobang Undangan