Cara Buat Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarnya hari ini? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan sederhana. Bagi kamu yang ingin memantau keuangan pribadi atau usaha, membuat laporan keuangan adalah suatu hal yang penting. Dengan membuat laporan keuangan yang rapi dan teratur, bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan keuangan.

Apa itu Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan?

Laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan adalah sebuah laporan yang menggambarkan secara rinci semua transaksi keuangan yang sudah terjadi dalam periode tertentu. Laporan ini akan membantu kamu dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran, juga menyusun anggaran keuangan untuk masa depan.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan?

Sebelum membuat laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan sederhana, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Hal yang Dibutuhkan
Keterangan
Buku Kas/Kartu Transaksi
Untuk mencatat semua transaksi keuangan, baik itu pemasukan maupun pengeluaran.
Kertas dan Pen
Sebagai media mencatat semua kegiatan keuangan.
Kalkulator
Untuk menghitung total pendapatan dan pengeluaran periode tersebut.
Excel/Google Sheets
Sebagai media penghitungan dan penyajian data.

Cara Membuat Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan Sederhana

1. Siapkan Waktu untuk Membuat Laporan

Sebelum membuat laporan, tentukan terlebih dahulu periode yang ingin kamu hitung. Misalnya, per bulan atau per tahun. Setelah itu, tentukan waktu yang tepat untuk membuat laporan keuangan, usahakan rutin dalam membuatnya agar data yang tercatat selalu up to date.

2. Catat Semua Transaksi Keuangan

Selama periode yang kamu pilih, catat semua transaksi keuangan yang terjadi baik itu pemasukan maupun pengeluaran. Buatlah kategori yang jelas untuk setiap transaksi agar mudah dalam mencatat, misalnya kategori makanan, transportasi, listrik, dan lain-lain.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ape Puzzle Sederhana

3. Jumlahkan Total Pendapatan dan Pengeluaran

Sesudah semua transaksi dicatat, jumlahkan total pendapatan dan pengeluaran dalam periode yang telah ditentukan. Buatlah tabel yang sederhana, dengan kolom pendapatan dan pengeluaran serta kolom total.

4. Analisis Anggaran

Setelah semua data terkumpul, analisis anggaran keuangan kamu. Periksa apakah pengeluaran berlebihan atau pendapatan masih kurang. Kamu bisa menggunakan data tersebut untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan pribadi atau usaha.

FAQ

1. Apakah Laporan Keuangan Diperlukan Bagi Pemula?

Tentu saja diperlukan! Laporan keuangan sangat diperlukan bagi pemula yang ingin mengatur keuangan pribadi atau usaha. Dengan membuat laporan keuangan yang rapi dan teratur, kamu bisa mengetahui kondisi keuanganmu secara jelas dan membuat keputusan yang tepat dalam mengatur keuangan.

2. Apa Bedanya Laporan Pendapatan dan Pengeluaran dengan Laporan Laba Rugi?

Laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan hanya mencatat seluruh transaksi keuangan yang telah terjadi dalam periode tertentu dan digunakan untuk menghitung total pendapatan dan pengeluaran. Sedangkan laporan laba rugi menyajikan keuntungan atau kerugian dalam usaha yang sudah berjalan.

3. Apakah Perlu Menggunakan Software untuk Membuat Laporan Keuangan?

Tidak perlu, untuk membuat laporan keuangan sederhana, kamu bisa menggunakan kalkulator dan excel atau google sheets. Namun jika kamu membutuhkan laporan keuangan yang lebih kompleks, kamu bisa menggunakan software khusus untuk laporan keuangan.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat laporan pendapatan dan pengeluaran keuangan sederhana. Dengan membuat laporan keuangan secara teratur, kamu bisa memantau kondisi keuangan mu dan membuat keputusan yang tepat dalam mengatur keuangan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Keuangan Sederhana