Cara Buat Kue Mangkok Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat kue mangkok yang sederhana namun enak. Kue mangkok adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Biasanya kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana seperti tepung terigu, gula, susu, dan telur. Bahkan Anda bisa membuatnya di rumah tanpa perlu membeli di toko kue.

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat kue mangkok, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahannya. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
150 gram
Susu bubuk
50 gram
Telur
3 butir
Margarin
100 gram
Air matang
250 ml

Setelah semua bahan sudah disiapkan, maka persiapan selanjutnya adalah mencampurnya dalam wadah yang bersih dan kering.

2. Cara Membuat Adonan Kue Mangkok

Setelah semua bahan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue mangkok. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Campurkan Tepung Terigu, Gula, dan Susu Bubuk

Campurkan tepung terigu, gula, dan susu bubuk ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

b. Masukkan Telur dan Margarin

Tambahkan telur dan margarin ke dalam adonan. Aduk rata kembali sampai tercampur sempurna.

c. Tambahkan Air Matang

Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental. Sebaiknya adonan memiliki tekstur yang cukup encer agar kue dapat mengembang dengan baik saat dipanggang.

d. Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 30 menit. Hal ini bertujuan agar kue dapat mengembang sempurna saat dipanggang.

3. Cara Memanggang Kue Mangkok

Setelah adonan sudah didiamkan selama 30 menit, maka langkah selanjutnya adalah memanggang kue mangkok. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Mengubah File Power Point ke PDF Cara Sederhana

a. Siapkan Loyang Kue Mangkok

Siapkan loyang kue mangkok dan olesi dengan margarin. Hal ini bertujuan agar kue tidak lengket saat dipanggang.

b. Tuang Adonan Kue ke Dalam Loyang

Tuang adonan kue mangkok ke dalam loyang hingga penuh. Pastikan adonan terisi dengan merata. Jangan sampai terlalu penuh karena kue akan mengembang saat dipanggang.

c. Panggang Kue Mangkok

Panggang kue mangkok dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25-30 menit. Setelah itu, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum diangkat dari loyang.

4. Penyajian Kue Mangkok

Setelah kue sudah dingin, maka kue mangkok siap untuk disajikan. Anda dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut, cokelat serut, atau kacang almond cincang. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa yang membuat kue mangkok enak?

Kue mangkok enak karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Terlebih lagi, kue ini memiliki aroma manis yang sangat khas karena menggunakan gula pasir dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Apakah kue mangkok sulit dibuat?

Tidak. Kue mangkok sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Selain itu, kue ini juga tidak memerlukan peralatan khusus untuk membuatnya.

3. Bisakah kue mangkok disimpan dalam waktu yang lama?

Bisa. Kue mangkok dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditaruh di dalam kulkas. Dalam kondisi tersebut, kue dapat bertahan hingga 1 minggu.

5. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat kue mangkok sederhana. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat membuat kue mangkok di rumah tanpa perlu membeli di toko kue. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bola Mie Sederhana

Cara Buat Kue Mangkok Sederhana