Cara Buat Kompresor Mini Sederhana

Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kompresor mini yang sederhana. Meskipun terkesan rumit, sebenarnya membuat kompresor mini sederhana itu cukup mudah, lho. Selain itu, dengan membuat sendiri kompresor mini, Sobat Sederhana bisa menghemat biaya beli yang mahal. Yuk, simak caranya!

1. Persiapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kompresor mini, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Tabung bekas minuman
Bor listrik
Tabung PVC diameter 1/4 inch dan 3/8 inch
Obeng
Keran udara
Palu
Regulator tekanan udara
Alat pengelasan
Minyak compressor
Pensil marker

Nah, sudah menyiapkan semua alat dan bahan? Kita bisa beralih ke langkah selanjutnya.

2. Buat Lubang pada Tabung Bekas Minuman

Sobat Sederhana perlu membuat dua lubang pada tabung bekas minuman. Lubang pertama untuk memasukkan selang dari motor dan lubang kedua untuk memasukkan selang dari keran udara. Lubang tersebut perlu dibuat dengan bor listrik. Pastikan diameter lubang yang Sobat Sederhana buat sesuai dengan diameter selang yang akan digunakan.

3. Pasang Keran Udara pada Tabung PVC

Setelah membuat lubang pada tabung bekas minuman, Sobat Sederhana perlu memasang keran udara pada tabung PVC. Caranya, potong tabung PVC dengan ukuran yang dibutuhkan dan rekatkan keran udara pada tabung menggunakan alat pengelasan.

4. Sambungkan Tabung Bekas Minuman dengan Tabung PVC

Sobat Sederhana perlu menyambungkan tabung bekas minuman dengan tabung PVC yang sudah terpasang keran udara. Caranya, masukkan selang ke dalam lubang pada tabung bekas minuman dan ikat selang dengan kencang menggunakan tali rafia. Selanjutnya, masukkan selang tersebut ke dalam lubang pada tabung PVC dan kencangkan kembali dengan tali rafia. Pastikan kedua tabung tersebut terhubung dengan kencang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kunci Pintu Elektronik Sederhana

5. Pasang Regulator Tekanan Udara pada Keran Udara

Terakhir, Sobat Sederhana perlu memasang regulator tekanan udara pada keran udara yang sudah terpasang pada tabung PVC. Regulator tekanan udara ini bertujuan untuk mengatur tekanan udara yang dikeluarkan oleh kompresor mini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasang regulator tekanan udara pada keran udara dan memutar bagian atas regulator untuk mengatur tekanannya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kompresor mini sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat kompresor mini sederhana bervariasi tergantung dari bahan dan alat yang Sobat Sederhana miliki atau harus membeli. Secara umum, biayanya bisa mencapai sekitar Rp200.000-Rp300.000.

2. Apa kegunaan kompresor mini sederhana?

Kompresor mini sederhana berguna untuk menghasilkan tekanan udara yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengecat, menggembok ban kendaraan, membersihkan alat elektronik, dan sebagainya.

3. Dapatkah kompresor mini sederhana digunakan untuk mengisi angin ban mobil?

Sebaiknya tidak, karena kecepatan pengisian angin yang dihasilkan oleh kompresor mini sederhana lebih lambat dibandingkan dengan kompresor angin yang digunakan di bengkel.

4. Apakah minyak kompresor wajib digunakan?

Ya, minyak kompresor sangat penting untuk melindungi bagian dalam kompresor mini dan menjaga agar kompresor tetap berfungsi dengan baik. Pastikan Sobat Sederhana memilih jenis minyak yang sesuai dengan kompresor yang digunakan.

5. Berapa tekanan maksimum yang dapat dihasilkan oleh kompresor mini sederhana?

Tekanan maksimum yang dapat dihasilkan oleh kompresor mini sederhana sekitar 7-8 bar.

6. Cara Menggunakan Kompresor Mini Sederhana

Setelah membuat kompresor mini sederhana, Sobat Sederhana bisa langsung menggunakannya. Berikut ini cara menggunakan kompresor mini sederhana:

  1. Sambungkan selang kompresor mini dengan alat yang membutuhkan tekanan udara.
  2. Nyalakan motor untuk menggerakkan kompresor mini.
  3. Tunggu beberapa saat hingga tekanan udara tercapai.
  4. Gunakan alat yang membutuhkan tekanan udara sesuai dengan kebutuhan.
TRENDING 🔥  Cara Buat Tenda Bak Pickup Sederhana

7. Tips Merawat Kompresor Mini Sederhana

Agar kompresor mini sederhana bisa bertahan lama dan selalu berfungsi dengan baik, Sobat Sederhana perlu merawatnya dengan baik. Berikut ini beberapa tips merawat kompresor mini sederhana:

  • Bersihkan bagian dalam dan luar kompresor mini secara rutin.
  • Ganti minyak kompresor secara teratur.
  • Gunakan kompresor mini dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  • Simpan kompresor mini di tempat yang kering dan terhindar dari debu.

8. Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat kompresor mini sederhana dan juga cara menggunakannya. Dengan membuat kompresor mini sendiri, Sobat Sederhana bisa menghemat biaya dan juga mendapatkan pengalaman baru. Jangan lupa untuk selalu merawat kompresor mini agar selalu berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Kompresor Mini Sederhana