Cara Buat Kering Tempe Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kering tempe sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Tempe merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia dan memiliki banyak sekali varian olahan. Salah satu olahan tempe yang sering dijadikan camilan adalah kering tempe. Kering tempe yang renyah dan gurih ini cocok disajikan sebagai camilan atau teman makan nasi. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat kering tempe, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Tepung terigu
2 sendok makan
Tepung beras
2 sendok makan
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok teh
Kaldu bubuk
1 sendok teh
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Kering Tempe Sederhana

1. Siapkan Tempe

Pertama-tama, potong-potong tempe sesuai selera. Kamu bisa memotongnya menjadi kecil-kecil atau besar-besar, tergantung selera. Setelah itu, kukus tempe selama 10-15 menit hingga matang.

2. Olah Bahan-bahan

Sambil menunggu tempe matang, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang agak kental.

3. Baluri Tempe

Setelah tempe matang, gulingkan tempe ke dalam adonan tepung hingga terbalur rata. Pastikan setiap bagian tempe terbalur tepung dengan merata.

4. Goreng Tempe

Setelah tempe terbalur tepung, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng tempe hingga berwarna kuning kecoklatan dan matang. Angkat tempe dari wajan dan tiriskan dari minyak.

5. Sajikan

Kering tempe siap disajikan sebagai camilan atau teman makan nasi. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

TRENDING 🔥  Cara Buat Treker Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat kering tempe menjadi renyah?

Kering tempe menjadi renyah karena pada saat digoreng, adonan tepung yang menempel pada tempe mengembang dan membentuk lapisan renyah di luar tempe.

2. Apa yang bisa membuat kering tempe berbeda rasa?

Kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu lain pada adonan tepung seperti cabe bubuk atau bawang putih bubuk untuk memberikan rasa yang berbeda pada kering tempe.

3. Bagaimana agar kering tempe tidak terlalu berminyak?

Agar kering tempe tidak terlalu berminyak, pastikan minyak goreng yang digunakan adalah minyak yang sudah cukup panas. Jangan goreng terlalu banyak tempe dalam satu waktu dan tiriskan kering tempe dengan baik sebelum disimpan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Kering Tempe Sederhana