Cara Buat Hairspray Sederhana Sendiri

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat hairspray sederhana dan murah. Hairspray merupakan salah satu produk perawatan rambut yang sering digunakan untuk mengatur gaya rambut agar tetap rapi dan tidak mudah kusut. Namun, kebanyakan hairspray yang dijual di pasaran memiliki harga yang cukup mahal dan mungkin tidak terjangkau bagi semua orang. Oleh karena itu, di artikel ini kita akan belajar cara membuat hairspray sederhana sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Air
2 cangkir
Gula
4 sendok makan
Air mawar
1/2 cangkir
Essential oil (opsional)
Beberapa tetes

Cara Membuat Hairspray Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat hairspray sederhana:

1. Campurkan Gula dan Air

Campurkan gula dan air dalam panci dan aduk hingga gula benar-benar larut.

2. Rebus Campuran Gula dan Air

Rebus campuran gula dan air di atas api kecil hingga air berkurang setengahnya. Jangan sampai terlalu lama direbus agar campuran tidak terlalu kental.

3. Tambahkan Air Mawar

Tambahkan air mawar ke dalam campuran gula dan air yang telah direbus. Aduk rata dan biarkan dingin.

4. Tambahkan Essential Oil

Jika ingin menambahkan essential oil, tambahkan beberapa tetes ke dalam campuran hairspray yang telah dingin. Aduk rata.

5. Tuang ke dalam Botol Semprot

Setelah campuran hairspray siap, tuangkan ke dalam botol semprot yang telah disiapkan. Hairspray sederhana yang dibuat sendiri telah siap digunakan.

FAQ

1. Apakah hairspray sederhana ini aman digunakan?

Ya, hairspray sederhana ini aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, jika Sobat Sederhana memiliki alergi terhadap salah satu bahan, sebaiknya tidak menggunakannya.

TRENDING 🔥  cara membuat kerekan pancing sederhana

2. Berapa lama hairspray sederhana ini bisa bertahan?

Hairspray sederhana ini dapat bertahan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

3. Bisakah hairspray sederhana ini digunakan untuk semua jenis rambut?

Ya, hairspray sederhana ini dapat digunakan untuk semua jenis rambut.

Keuntungan Membuat Hairspray Sendiri

Ternyata, tidak hanya dapat menghemat uang, membuat hairspray sendiri juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Menghindari Bahan Kimia Berbahaya

Sebagian besar hairspray yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak rambut dan kesehatan tubuh. Dengan membuat hairspray sendiri, Sobat Sederhana dapat menghindari bahan-bahan tersebut.

2. Menyesuaikan Kebutuhan Rambut

Dengan membuat hairspray sendiri, Sobat Sederhana dapat menyesuaikan kebutuhan rambut. Misalnya, jika memiliki rambut tipis, Sobat Sederhana dapat menambahkan bahan-bahan yang dapat memberikan volume pada rambut.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Membuat hairspray sendiri juga lebih ramah lingkungan karena Sobat Sederhana dapat mengurangi penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan.

Penutup

Itulah cara membuat hairspray sederhana dan murah yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Selain dapat menghemat uang, membuat hairspray sendiri juga memiliki beberapa keuntungan seperti menghindari bahan kimia berbahaya, menyesuaikan kebutuhan rambut, dan lebih ramah lingkungan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Hairspray Sederhana Sendiri