Cara Buat Es Kepal Milo Sederhana Tanpa Mixer

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu suka es kepal milo? Jika iya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Meskipun terdengar sulit, sebenarnya cara membuat es kepal milo sederhana tanpa mixer sangat mudah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum membuat es kepal milo, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Milo bubuk
3 sendok makan
Susu kental manis
2 sendok makan
Susu evaporasi
200 ml
Es batu
secukupnya

Langkah-langkah Membuat Es Kepal Milo

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat es kepal milo sederhana tanpa mixer:

1. Siapkan Wadah

Pertama-tama, siapkan wadah untuk membuat es kepal milo. Kamu bisa menggunakan baskom atau mangkuk yang cukup besar untuk menampung semua bahan.

2. Campurkan Milo Bubuk dengan Susu Kental Manis

Setelah itu, campurkan milo bubuk dengan susu kental manis dalam wadah yang telah disiapkan. Aduk hingga merata.

3. Tambahkan Susu Evaporasi

Selanjutnya, tambahkan susu evaporasi ke dalam campuran milo bubuk dan susu kental manis. Aduk kembali hingga merata.

4. Masukkan Es Batu

Setelah campuran milo dan susu sudah merata, masukkan es batu secukupnya ke dalam wadah. Aduk campuran milo dan es batu hingga es batu tercampur rata dengan bahan-bahan lain.

5. Aduk Hingga Kaku

Aduk campuran milo dan es batu secara terus-menerus hingga teksturnya kaku. Kamu bisa menggunakan sendok atau spatula untuk mengaduknya.

6. Bentuk Es Kepal Milo

Jika campuran sudah cukup kaku, kamu bisa mulai membentuk es kepal milo. Ambil secukupnya adonan, kemudian bentuk bulat dengan tanganmu. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kompor Listrik Sederhana

7. Sajikan Es Kepal Milo

Terakhir, es kepal milo siap disajikan. Kamu bisa menghidangkannya dalam mangkuk atau gelas, kemudian tambahkan topping kesukaanmu seperti cokelat serut atau meses. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah es kepal milo harus menggunakan mixer?

Tidak. Es kepal milo sebenarnya bisa dibuat tanpa mixer, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar dan berusaha mengaduk campuran hingga kaku.

2. Bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat es kepal milo?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kepal milo antara lain milo bubuk, susu kental manis, susu evaporasi, dan es batu.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat es kepal milo?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es kepal milo sekitar 20-30 menit, tergantung pada kecepatan mengaduk campuran hingga kaku.

4. Apakah es kepal milo bisa disimpan dalam freezer?

Ya, es kepal milo bisa disimpan dalam freezer untuk mempertahankan kekakuan teksturnya. Namun, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu yang tidak terlalu lama agar rasanya tetap enak.

5. Bagaimana jika tidak ada susu evaporasi?

Jika tidak ada susu evaporasi, kamu bisa menggunakan susu cair biasa sebagai penggantinya. Namun, adonan mungkin tidak akan sekuat jika menggunakan susu evaporasi.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es kepal milo sederhana tanpa mixer yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar, ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Es Kepal Milo Sederhana Tanpa Mixer