Cara Buat Drone Paling Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat drone paling sederhana. Dalam era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, drone menjadi salah satu alat yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata membuat drone itu tidak sesulit yang dibayangkan? Yuk simak penjelasannya!

1. Mengenal Jenis-jenis Drone

Sebelum membuat drone, Sobat Sederhana perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis drone yang ada. Pada dasarnya, terdapat dua jenis drone, yaitu fixed wing dan rotary wing.

1.1 Fixed Wing

Fixed wing adalah jenis drone yang memiliki bentuk mirip pesawat terbang, dengan sayap yang tetap atau tidak dapat dilipat. Jenis drone ini biasanya digunakan untuk survei udara, pengamatan medan, dan data analisis.

Ada dua jenis fixed wing, yaitu drone pembawa (carrier) dan drone pengintai (surveillance). Drone pembawa biasanya digunakan untuk membawa kamera atau sensor yang berat, sedangkan drone pengintai digunakan untuk mengamati lokasi tertentu.

1.2 Rotary Wing

Rotary wing adalah jenis drone yang memiliki bentuk seperti helikopter. Jenis drone ini biasanya digunakan untuk keperluan yang membutuhkan mobilitas tinggi, seperti rekaman video dan fotografi dari udara.

Ada beberapa jenis rotary wing, yaitu quadcopter, hexacopter, octocopter, dan lain sebagainya. Namun, untuk membuat drone paling sederhana, kita akan menggunakan quadcopter sebagai referensi.

2. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat drone, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan:

Alat
Bahan
Soldering iron
Flight controller
Penggaris
Motors
Pincet
Propellers
Obeng
Battery
Isolasi listrik
ESC

2.1 Memilih Flight Controller

Flight controller adalah otak dari drone. Fungsi flight controller adalah mengatur pergerakan drone melalui sinyal yang diterima dari remote control atau aplikasi di smartphone. Ada banyak jenis flight controller yang beredar di pasaran, namun untuk membuat drone paling sederhana, Sobat Sederhana dapat menggunakan flight controller KK 2.1.5.

TRENDING 🔥  Cara membuat lampu proyektor sederhana

2.2 Memilih Motors

Motor adalah komponen penting dalam drone. Motor akan menggerakkan propeller yang membantu drone terbang. Ada banyak jenis motor yang beredar di pasaran, namun untuk membuat drone paling sederhana, Sobat Sederhana dapat menggunakan motor 2212 1000KV.

2.3 Memilih Propellers

Propeller adalah baling-baling yang digunakan untuk mengangkat drone ke udara. Ada banyak jenis propeller yang beredar di pasaran, namun untuk membuat drone paling sederhana, Sobat Sederhana dapat menggunakan propeller 1045.

2.4 Memilih Battery

Battery adalah sumber energi utama dalam drone. Battery akan memberikan daya pada motor dan flight controller. Ada banyak jenis battery yang beredar di pasaran, namun untuk membuat drone paling sederhana, Sobat Sederhana dapat menggunakan battery LiPo 3S 2200mAh.

2.5 Memilih ESC

ESC atau Electronic Speed Controller adalah pengatur kecepatan motor. ESC akan mengatur jumlah arus yang diberikan ke motor sehingga motor dapat berputar dengan kecepatan yang diinginkan. Ada banyak jenis ESC yang beredar di pasaran, namun untuk membuat drone paling sederhana, Sobat Sederhana dapat menggunakan ESC 30A.

3. Merakit Drone

Setelah menyiapkan alat dan bahan, saatnya Sobat Sederhana memulai merakit drone. Berikut ini adalah langkah-langkah merakit drone:

3.1 Memasang Motor

Pertama, Sobat Sederhana harus memasang motor pada frame drone. Pasang motor dengan jarak yang sama pada masing-masing sisi frame. Gunakan obeng untuk memasang motor pada frame.

3.2 Memasang Propeller

Setelah motor terpasang, saatnya Sobat Sederhana memasang propeller pada motor. Jangan lupa untuk memasang propeller yang sesuai dengan arah putar motor. Pasang propeller dengan benar pada masing-masing motor.

3.3 Memasang Flight Controller

Setelah motor dan propeller terpasang, saatnya Sobat Sederhana memasang flight controller pada frame drone. Pasang flight controller pada tengah frame dengan menggunakan penggaris sebagai acuan agar flight controller terpasang dengan rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Speaker Sederhana dari Barang Bekas

3.4 Memasang ESC

Setelah flight controller terpasang, saatnya Sobat Sederhana memasang ESC pada motor. Pasang ESC pada dekat motor dan hubungkan dengan motor menggunakan kabel. Lakukan hal yang sama untuk keempat motor.

3.5 Memasang Battery

Setelah semua komponen terpasang, saatnya Sobat Sederhana memasang battery pada drone. Pasang battery pada bawah frame dan pastikan sudah terpasang dengan kuat dan aman.

3.6 Uji Coba Drone

Setelah drone terpasang dengan baik, saatnya Sobat Sederhana menguji coba drone. Hubungkan drone dengan remote control atau aplikasi pada smartphone dan pastikan drone dapat terbang dengan lancar.

4. FAQs

4.1 Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat drone?

Bahan yang diperlukan untuk membuat drone antara lain flight controller, motor, propeller, battery, dan ESC.

4.2 Apa itu flight controller?

Flight controller adalah otak dari drone. Fungsinya adalah mengatur pergerakan drone melalui sinyal yang diterima dari remote control atau aplikasi di smartphone.

4.3 Apa itu motor?

Motor adalah komponen penting dalam drone. Motor akan menggerakkan propeller yang membantu drone terbang.

4.4 Apa itu propeller?

Propeller adalah baling-baling yang digunakan untuk mengangkat drone ke udara.

4.5 Apa itu battery?

Battery adalah sumber energi utama dalam drone. Battery akan memberikan daya pada motor dan flight controller.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, Sobat Sederhana telah mempelajari cara membuat drone paling sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, Sobat Sederhana bisa membuat drone sendiri dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Drone Paling Sederhana