Cara Buat Donat yang Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Buat kalian yang suka dengan kue donat, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini? Donat merupakan salah satu kue yang cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi. Selain itu, kue ini juga cocok dijadikan sebagai cemilan di saat waktu senggang. Bagi kalian yang belum pernah membuat donat, kalian bisa mencoba resep donat sederhana berikut ini. Yuk simak cara membuat donat yang sederhana!

Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat donat, pastikan terlebih dahulu jika semua bahan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Qty
Tepung Terigu
500 gr
Ragi Instan
11 gr
Gula Pasir
75 gr
Butter
75 gr
Telur Ayam
2 butir
Susu Cair
200 ml
Garam
1/2 sdt
Minyak Goreng
Secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kalian bisa mulai membuat donat.

Cara Membuat Donat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat donat yang sederhana:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Ragi Instan

Pertama, campurkan tepung terigu dan ragi instan ke dalam wadah yang cukup besar untuk di aduk. Aduk sampai tercampur rata.

2. Tambahkan Gula Pasir dan Garam

Selanjutnya, tambahkan gula pasir dan garam ke dalam campuran tepung terigu dan ragi instan. Aduk hingga gula dan garam tercampur rata.

3. Tambahkan Susu Cair dan Telur Ayam

Tambahkan susu cair dan telur ayam ke dalam campuran tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

4. Tambahkan Butter

Selanjutnya, tambahkan butter ke dalam adonan. Aduk hingga butter tercampur rata dengan adonan.

5. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama 15-20 menit. Biarkan adonan membentuk gelembung-gelembung udara di dalamnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mounting Kamera Sederhana untuk Sobat Sederhana

6. Proses Pengulenan

Setelah adonan sudah mengembang, kalian bisa menggulung adonan sesuai dengan bentuk donat yang diinginkan. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30 menit.

7. Proses Penggorengan

Setelah donat sudah mengembang, kalian bisa mulai menggoreng donat dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan di dalam wajan. Goreng donat hingga kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.

8. Hidangkan Donat

Terakhir, sajikan donat yang sudah di goreng pada piring dan jangan lupa untuk menambahkan taburan gula halus. Donat yang sederhana sudah siap untuk disajikan. Selamat mencoba!

FAQ

Apa yang membuat donat lembut?

Donat yang lembut umumnya terbuat dari adonan yang adukannya tidak terlalu terlalu kuat. Selain itu, penambahan susu cair dan telur ayam juga dapat membuat donat menjadi lembut.

Apa yang membuat donat mudah meledak?

Donat yang mudah meledak biasanya terjadi jika adonannya terlalu lama di aduk. Hal ini bisa membuat adonan menjadi terlalu padat dan tidak mengembang dengan sempurna.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat donat?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat donat sekitar 1 jam. Waktu itu mencakup waktu persiapan bahan dan proses pengulenan dan penggorengan donat.

Apa saja jenis donat yang ada?

Berikut adalah beberapa jenis donat yang ada:

  • Donat Kentang
  • Donat Gandum
  • Donat Coklat
  • Donat Keju
  • Donat Buah

Donat apa yang paling enak?

Rasanya tergantung selera masing-masing, Sobat Sederhana. Namun, dari sekian banyak jenis donat, donat coklat dan keju merupakan varian yang paling populer di kalangan masyarakat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Donat yang Sederhana