Cara Buat Cupcake Sederhana Dengan 4 Bahan

Assalamu’alaikum Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat cupcake sederhana dengan hanya menggunakan 4 bahan. Cupcake atau kue bolu kecil yang biasanya disajikan dengan frosting di atasnya ini bisa menjadi camilan yang enak dan mudah dibuat di rumah. Yuk, kita mulai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat cupcake, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
125 gram
Gula pasir
100 gram
Minyak sayur
100 ml
Telur ayam
2 butir

Bahan-bahan di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasar atau di toko bahan kue terdekat. Pastikan semua bahan sudah dalam kondisi yang baik dan segar.

Langkah-Langkah Membuat Cupcake

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cupcake. Selain bahan-bahan di atas, kamu juga akan membutuhkan mangkuk besar, mixer atau pengocok telur, sendok sayur, dan loyang cupcake.

2. Campurkan Bahan Kering

Masukkan tepung terigu dan gula pasir ke dalam mangkuk besar. Aduk rata dengan sendok sayur.

3. Tambahkan Bahan Basah

Setelah bahan kering tercampur rata, tambahkan telur dan minyak sayur ke dalam mangkuk. Aduk dengan mixer atau pengocok telur hingga adonan tercampur rata dan warnanya menjadi kuning pucat.

4. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang cupcake yang sudah diolesi dengan sedikit minyak sayur atau mentega agar cupcake tidak lengket. Isi setiap rongga loyang cupcake hingga 3/4 bagian penuh.

5. Panggang Cupcake

Letakkan loyang cupcake di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang cupcake selama 20-25 menit atau hingga matang sempurna. Agar cupcake tidak bantat, jangan membuka pintu oven selama proses pemanggangan berlangsung.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengolah Sampah Plastik

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan margarin atau butter sebagai pengganti minyak sayur?

Bisa, tetapi rasanya akan berbeda dengan cupcake yang menggunakan minyak sayur. Margarin atau butter akan memberikan rasa yang lebih creamy pada cupcake.

2. Berapa lama cupcake bisa disimpan?

Cupcake bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan. Jika ingin lebih awet, bisa disimpan di dalam kulkas selama 5-7 hari.

3. Bisakah mengganti tepung terigu dengan tepung gluten-free?

Bisa, tetapi hasil akhirnya mungkin akan berbeda dengan cupcake yang menggunakan tepung terigu biasa. Karena tepung gluten-free memiliki karakteristik yang berbeda, mungkin perlu sedikit penyesuaian dalam jumlah bahan dan proses pembuatannya.

Tips dan Trik

1. Pastikan oven sudah dipanaskan sebelum memasukkan loyang cupcake agar hasil pemanggangan merata.

2. Jangan mengisi rongga loyang cupcake terlalu penuh agar tidak tumpah saat dipanggang.

3. Jika ingin memberikan variasi pada cupcake, bisa menambahkan potongan buah atau taburan cokelat chip di atas adonan sebelum dipanggang.

4. Selalu gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan segar.

Kesimpulan

Itulah cara membuat cupcake sederhana dengan hanya menggunakan 4 bahan. Dengan resep ini, kamu bisa membuat camilan yang enak dan mudah di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Cupcake Sederhana Dengan 4 Bahan