Cara Buat Bolu Sederhana Pke Mejikom

Hello Sobat Sederhana! Buat kamu yang suka ngemil manis, pasti tidak asing dengan bolu. Bolu adalah kue basah yang terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan baking powder. Di dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat bolu sederhana dengan menggunakan bantuan mejikom. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan Bahan-Bahan

Persiapan bahan-bahan sangatlah penting dalam membuat bolu. Pastikan kamu membeli bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
250 gram
Telur
4 butir
Baking powder
1 sendok teh
Mejikom
1 sachet
Margarin
100 gram
Air matang
100 ml

Pastikan kamu juga telah meyiapkan alat-alat yang diperlukan seperti wadah, mixer, dan oven. Setelah semua bahan dan alat siap, kita bisa mulai ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat Bolu Sederhana dengan Mejikom

Langkah 1: Mengocok Telur dan Gula Pasir

Langkah pertama adalah mengocok telur dan gula pasir menggunakan mixer. Kocok hingga campuran mengembang dan berwarna putih pucat.

Langkah 2: Menambahkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Selanjutnya, tambahkan sebagian tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Langkah 3: Menambahkan Margarin Cair dan Air

Tambahkan margarin cair ke dalam adonan lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Langkah 4: Menambahkan Mejikom

Tambahkan satu sachet mejikom ke dalam adonan lalu aduk kembali hingga tercampur merata. Mejikom akan membantu adonan menjadi lebih lembut dan mengembang saat dipanggang.

Langkah 5: Memanggang Bolu

Setelah adonan tercampur rata, oleskan margarin pada loyang dan taburi tepung terigu. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan rapatkan permukaan. Panaskan oven terlebih dahulu, lalu panggang bolu selama 30-40 menit atau hingga matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Perpustakaan Sederhana VB 6.0

FAQ Cara Buat Bolu Sederhana dengan Mejikom

1. Apa itu Mejikom?

Mejikom adalah bahan tambahan untuk kue yang terbuat dari campuran emulsifier, stabilizer, dan pengembang. Mejikom berfungsi untuk membuat kue lebih lembut, mengembang, dan empuk.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan bolu terlalu kental?

Jika adonan bolu terlalu kental, tambahkan sedikit air matang hingga adonan tercampur rata dan teksturnya lebih lembut.

3. Berapa lama bolu harus dipanggang?

Bolu biasanya dipanggang selama 30-40 menit atau hingga matang. Namun, setiap oven memiliki suhu yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu memeriksa kematangan bolu secara berkala.

4. Bolehkah menggunakan telur ayam kampung untuk membuat bolu?

Tentu saja boleh. Telur ayam kampung juga bisa digunakan untuk membuat bolu. Namun, perlu diingat bahwa tekstur bolu mungkin sedikit berbeda karena telur ayam kampung memiliki konsistensi yang berbeda dengan telur ayam ras.

5. Bisakah mejikom diganti dengan bahan lain?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan bahan pengembang lain seperti soda kue atau cream of tartar sebagai pengganti mejikom.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Bolu Sederhana Pke Mejikom