Cara Buat Bolu Pandan Panggang Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang resep cara membuat bolu pandan panggang sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Bolu pandan panggang ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau makanan ringan saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Yuk simak selengkapnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat bolu pandan panggang, pastikan bahan-bahan berikut sudah tersedia:

200 gram tepung terigu protein sedang
6 butir telur
1 sendok teh pasta pandan
200 gram gula pasir
100 ml minyak sayur
1 sendok teh baking powder
100 ml susu cair
1 sendok teh pasta vanila
1/2 sendok teh garam

Pastikan kamu menimbang bahan-bahan dengan tepat sesuai dengan takaran yang tercantum di resep ini agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diinginkan.

Langkah-Langkah Membuat Bolu Pandan Panggang

Berikut langkah-langkah cara membuat bolu pandan panggang sederhana:

1. Kocok Telur dan Gula

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini akan memakan waktu sekitar 10-15 menit.

2. Campur Bahan-Bahan Kering

Sambil menunggu telur dan gula mengembang, campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Ayak bahan-bahan tersebut agar tercampur merata dan tidak ada gumpalan.

3. Campurkan Bahan Cair

Campurkan minyak sayur, susu cair, pasta pandan, dan pasta vanila dalam wadah yang berbeda. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan Tepung ke Adonan Telur

Setelah telur dan gula mengembang, masukkan campuran tepung terigu ke adonan telur secara perlahan. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

5. Masukkan Bahan Cair

Setelah adonan tepung dan telur tercampur rata, masukkan campuran bahan cair sambil terus diaduk perlahan. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

TRENDING 🔥  Sobat Sederhana, Yuk Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana

6. Tuang Adonan ke Loyang dan Panggang

Setelah adonan tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang yang telah dioles dengan mentega dan ditaburi tepung agar tidak lengket. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang.

Tips Membuat Bolu Pandan Panggang yang Lezat

Berikut beberapa tips untuk membuat bolu pandan panggang yang lezat:

1. Gunakan Oven yang Benar-Benar Sudah Panas

Pastikan oven yang kamu gunakan sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan bolu pandan. Jika oven tidak panas, maka adonan akan matang tidak merata dan teksturnya bantat.

2. Pilih Tepung Terigu yang Tepat

Pilih tepung terigu protein sedang yang tepat agar tekstur bolu pandan yang dihasilkan empuk dan lembut.

3. Jangan Terlalu Banyak Mengocok Adonan

Jangan terlalu banyak mengocok adonan agar bolu pandan tidak bantat saat dipanggang. Aduk perlahan dan cukup sampai adonan tercampur rata.

4. Gunakan Wadah yang Bersih dan Kering

Sebelum mulai membuat, pastikan wadah yang digunakan bersih dan kering supaya adonan dapat tercampur dengan baik dan tidak terkontaminasi dengan bahan lain.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat bolu pandan panggang sederhana:

1. Apakah Saya Bisa Mengganti Tepung Terigu dengan Tepung yang Lain?

Tidak disarankan karena tepung terigu protein sedang adalah tepung yang cocok digunakan untuk membuat bolu pandan panggang. Penggunaan tepung lain dapat mengubah tekstur dan rasa bolu pandan.

2. Apakah Saya Bisa Mengganti Pasta Pandan dengan Daun Pandan?

Bisa, tetapi kamu harus menghaluskan daun pandan terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian, campurkan dengan air dan saring agar tidak ada serat daun pandan yang mengganggu saat adonan dicampur dengan bahan lain.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Pentol Ayam Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Apa yang Harus Dilakukan jika Bolu Pandan Tidak Matang?

Jika bolu pandan tidak matang setelah dipanggang, kamu bisa memperpanjang waktu pemanggangan atau menambahkan suhu oven agar bolu pandan matang dan tidak mentah.

Selamat Mencoba!

Demikianlah resep cara membuat bolu pandan panggang sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Bolu Pandan Panggang Sederhana