Cara Buat Bolu Pandan Kukus Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan bolu kukus, apalagi jika bolu tersebut memiliki aroma pandan yang harum dan lezat. Tidak perlu khawatir, karena kali ini kita akan berbagi resep cara membuat bolu pandan kukus yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah dan tips untuk membuat bolu pandan kukus yang lezat dan empuk. Simak terus artikel ini ya, Sobat Sederhana!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu pandan kukus, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
150 gram
Minyak goreng
100 ml
Santan
200 ml
Putih telur
4 butir
Pandan pasta
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Pastikan Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan tersebut dengan benar dan dalam jumlah yang tepat agar hasilnya maksimal.

Langkah-Langkah Membuat Bolu Pandan Kukus

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bolu pandan kukus yang sederhana:

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata dan sisihkan.

2. Campurkan Minyak Goreng, Santan, dan Pandan Pasta

Selanjutnya, campurkan minyak goreng, santan dan pandan pasta dalam wadah lain. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

3. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Setelah itu, tuangkan campuran bahan basah ke dalam campuran bahan kering secara perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.

4. Kocok Putih Telur

Pisahkan kuning telur dari putih telur. Kocok putih telur hingga mengembang dan berbusa menggunakan mixer atau pengocok telur manual.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Penyaringan Air Sederhana

5. Campurkan Putih Telur Kocok ke dalam Adonan

Setelah putih telur mengembang dan berbusa, campurkan putih telur kocok ke dalam adonan secara perlahan sambil diaduk perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu. Aduk hingga adonan tercampur rata dan lembut.

6. Siapkan Loyang Kukus

Siapkan loyang kukus dan olesi loyang dengan sedikit minyak agar bolu tidak lengket. Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang kukus dan ratakan permukaannya menggunakan spatula.

7. Kukus Bolu Pandan

Panaskan air dalam panci untuk proses kukus. Setelah air mendidih, masukkan loyang bolu ke dalam panci dan kukus selama 30-40 menit dengan api sedang. Jangan buka tutup panci selama proses kukus agar bolu tidak kehilangan kelembapannya.

8. Angkat dan Sajikan

Setelah 30-40 menit, tes dengan menusukkan tusuk gigi pada bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, itu berarti bolu sudah matang. Angkat loyang bolu dari panci dan dinginkan sejenak. Setelah itu, bolu pandan kukus siap disajikan.

Tips Membuat Bolu Pandan Kukus yang Empuk dan Lembut

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat bolu pandan kukus yang empuk dan lembut:

1. Kocok Putih Telur dengan Benar

Pastikan putih telur dikocok dengan benar hingga mengembang dan berbusa. Putih telur yang dikocok dengan benar akan membuat bolu menjadi empuk dan lembut.

2. Gunakan Santan Segar

Untuk mendapatkan rasa dan aroma pandan yang khas, gunakan santan segar yang masih dalam kondisi baik. Santan yang sudah basi dapat mempengaruhi rasa dan tekstur bolu.

3. Jangan Terlalu Lama Mencampurkan Adonan

Jangan terlalu lama mencampurkan adonan ketika memasukkan bahan kering ke dalam bahan basah. Aduk perlahan-lahan hingga tercampur rata dan lembut.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengaktifkan Kartu SIM di Handphone Xiaomi

4. Gunakan Loyang yang Sesuai

Pastikan menggunakan loyang kukus yang sesuai dan tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Hal ini dapat mempengaruhi waktu dan hasil proses kukus.

FAQ tentang Bolu Pandan Kukus

1. Bisakah Bolu Pandan Kukus Dibuat Tanpa Oven?

Tentu saja, bolu pandan dapat dibuat tanpa oven. Cukup siapkan panci kukus dan loyang yang sesuai, dan proses kukus bolu.

2. Bisakah Menggunakan Pewarna Makanan?

Tentu saja, Sobat Sederhana dapat menggunakan pewarna makanan untuk memberikan warna yang lebih menarik pada bolu pandan. Namun, pastikan menggunakan pewarna makanan yang aman dan diizinkan untuk dikonsumsi.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Bolu Tidak Mengembang?

Jika bolu tidak mengembang, cek kembali proses pengocokan putih telur atau periksa apakah tepung terigu yang digunakan mengandung gluten yang cukup untuk membuat bolu mengembang.

4. Berapa Lama Waktu Kukus yang Ideal?

Waktu kukus yang ideal untuk bolu pandan kukus adalah antara 30-40 menit. Namun, lama waktu kukus dapat berbeda tergantung pada loyang dan panci yang digunakan.

5. Bisakah Bolu Pandan Kukus Disimpan di Kulkas?

Ya, bolu pandan kukus dapat disimpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 2-3 hari. Untuk mempertahankan kelembapan dan tekstur yang empuk, bolu dapat dibungkus dengan plastik wrap atau aluminium foil sebelum disimpan di kulkas.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Bolu Pandan Kukus Sederhana