Cara Bikin Vacuum Cleaner Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Vacuum cleaner merupakan alat yang sering digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada lantai. Namun, vacuum cleaner dengan kualitas yang baik memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan cara membuat vacuum cleaner sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat vacuum cleaner, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Botol Plastik
1 buah
Kipas Angin Bekas
1 buah
Tabung Pipa PVC
1 meter
Peniti
10 buah
Amplop Plastik Transparan
2 buah
Tali Plastik
1 meter

Langkah Pembuatan

1. Memotong Botol Plastik dan Kipas Angin

Pertama-tama, potonglah botol plastik dengan ukuran yang sedikit lebih pendek dari kipas angin bekas yang telah Sobat Sederhana siapkan. Kemudian, potong kipas angin bekas hingga hanya tersisa bagian baling-balingnya saja.

2. Menyusun Baling-baling Kipas Angin

Baling-baling kipas angin yang telah dipotong tadi kemudian disusun dengan menggunakan peniti pada salah satu sisi botol plastik yang telah dipotong. Pastikan jarak antar baling-baling mudah dilewati oleh udara.

3. Membuat Saringan Debu

Potonglah amplop plastik transparan menjadi dua bagian, kemudian tempelkan pada tabung pipa PVC. Untuk bagian saringan yang lain, Sobat Sederhana dapat membuatnya sendiri menggunakan kain halus dengan ukuran yang sama dengan amplop plastik transparan tadi.

4. Menyambungkan Bagian-bagian

Sambungkan botol plastik yang telah dipotong, kipas angin bekas, dan bagian saringan debu menggunakan tali plastik. Pastikan kedua saringan tersebut dapat dilepas pasang dengan mudah.

5. Vacuum Cleaner Sederhana Siap Dipakai

Setelah semua bagian tersambung dengan baik, vacuum cleaner sederhana buatan Sobat Sederhana siap digunakan. Kedua saringan tersebut dapat dilepas untuk membersihkan debu yang terkumpul saat penggunaan.

TRENDING 🔥  Tata Cara Pernikahan Bali Sederhana Byakaonan

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah vacuum cleaner sederhana dapat membersihkan debu dengan baik?

Ya, vacuum cleaner sederhana yang telah dibuat dapat membersihkan debu dengan baik. Namun, efektivitasnya tergantung pada kekuatan kipas angin yang digunakan.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat vacuum cleaner sederhana?

Biaya untuk membuat vacuum cleaner sederhana tidak terlalu besar. Seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau di toko bahan bangunan atau toko online.

3. Apakah vacuum cleaner sederhana dapat digunakan untuk membersihkan karpet?

Ya, vacuum cleaner sederhana dapat digunakan untuk membersihkan karpet. Namun, Sobat Sederhana perlu melakukan beberapa kali penyedotan untuk membersihkan karpet yang cukup kotor.

Kesimpulan

Itulah cara membuat vacuum cleaner sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Sobat Sederhana dapat membuat vacuum cleaner sendiri tanpa harus membeli yang mahal. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Vacuum Cleaner Sederhana