Cara Bikin Tempura Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka dengan makanan Jepang? Kali ini kita akan membahas cara membuat tempura, salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Tempura merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan segar yang dicelupkan dengan adonan tepung khusus dan digoreng dalam minyak panas. Berikut adalah cara bikin tempura sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai menggoreng tempura, ada beberapa persiapan bahan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempura antara lain:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
100 gram
Maizena
50 gram
Baking powder
1 sdt
Garam
1/2 sdt
Telur
1 butir
Air es
150 ml
Bahan tambahan (misalnya udang, sayuran, dll)
Secukupnya

Pastikan semua bahan sudah siap sebelum mulai membuat adonan tepung dan menggoreng tempura. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan wadah untuk mencampurkan bahan-bahan adonan tepung dan wajan untuk menggoreng.

2. Membuat Adonan Tepung

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan tepung untuk melapisi bahan-bahan yang akan digoreng. Adonan tepung ini sangat penting karena akan menentukan hasil akhir dari tempura yang kamu buat. Berikut cara membuat adonan tepung:

  1. Campurkan tepung terigu, maizena, baking powder, dan garam dalam wadah yang besar.
  2. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam wadah yang berisi campuran tepung tadi.
  3. Tuangkan air es ke dalam wadah sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental dan tidak terlalu cair.
  4. Aduk adonan tepung dengan whisk atau sendok kayu hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

Setelah adonan tepung selesai dibuat, tinggalkan adonan tepung tersebut selama 10-15 menit agar adonan bisa mengembang dan menghasilkan hasil goreng yang lebih renyah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rak Tas Sederhana

3. Menyiapkan Bahan yang Akan Digoreng

Setelah adonan tepung siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan yang akan digoreng. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis bahan seperti udang, sayuran, ikan, dan lain sebagainya. Berikut adalah cara menyiapkan bahan yang akan digoreng:

  1. Bersihkan bahan-bahan yang akan digoreng dengan air mengalir dan tiriskan.
  2. Jangan lupa untuk mengupas kulit udang dan membuang bagian kepalanya. Bagi sayuran, kamu bisa memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.
  3. Setelah bahan-bahan siap, celupkan satu per satu ke dalam adonan tepung hingga terlapisi dengan sempurna.

4. Menggoreng Bahan-Bahan yang Sudah Dilapisi Tepung

Setelah bahan-bahan sudah terlapisi tepung, saatnya untuk menggoreng nya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggoreng bahan-bahan tersebut:

  1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan hingga cukup panas.
  2. Setelah minyak panas, masukkan bahan yang sudah dilapisi tepung ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kecokelatan.
  3. Ambil bahan yang sudah digoreng dengan menggunakan sutil atau saringan. Tiriskan agar minyak berlebih dapat terserap dan tempura pun siap disajikan.

5. Penyajian Tempura

Setelah tempura matang, kamu bisa menyajikannya dengan berbagai cara. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi hangat, saus tempura, dan mayones. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau wijen di atasnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Selamat menikmati tempura sederhana yang kamu buat sendiri di rumah!

FAQ (Frequently Asked Questions) Cara Bikin Tempura Sederhana

1. Apakah harus menggunakan tepung khusus untuk membuat tempura?

Iya, untuk membuat tempura, harus menggunakan tepung khusus yang terbuat dari campuran tepung terigu, maizena, dan baking powder. Adonan tepung ini berbeda dengan adonan tepung biasa karena akan memberikan hasil goreng yang lebih renyah.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Cek Stok dengan Excel

2. Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat tempura?

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis bahan untuk membuat tempura, seperti udang, sayuran, ikan, dan lain sebagainya. Pastikan bahan-bahan tersebut segar dan bersih sebelum digunakan.

3. Apakah tempura harus disajikan dengan saus khusus?

Iya, biasanya tempura disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari campuran kecap asin, dashi, dan saus mirin. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan mayones atau irisan daun bawang di atasnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

4. Bagaimana agar hasil goreng tempura lebih renyah?

Agar hasil goreng tempura lebih renyah, kamu bisa menambahkan es batu ke dalam adonan tepung. Selain itu, pastikan suhu minyak yang cukup panas sebelum menggoreng bahan-bahan tersebut.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempura?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempura tergantung pada jumlah bahan yang akan digoreng. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempura sekitar 30-45 menit.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Tempura Sederhana