Cara Bikin Sespan Sederhana di Motor Bebek

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat sespan sederhana di motor bebek. Sespan atau side box adalah aksesoris yang berguna untuk menyimpan barang atau muatan tambahan saat berkendara. Dengan membuat sespan sederhana, kamu bisa lebih leluasa membawa barang yang dibutuhkan tanpa khawatir menyulitkan pengereman atau berdampak pada keseimbangan motor. Yuk, simak cara membuatnya!

1. Siapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan sespan, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan:

Bahan
Alat
Plat besi
Gerinda
Paku
Obeng
Baut
Kunci pas
Seperangkat kaki samping
Penjepit besi
Paku rivet
Tang rivet
Per karet
Potong besi

Setelah semua bahan dan alat tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bodi motor bebek yang akan dipasang sespan.

2. Persiapkan Bodi Motor

Sebelum memasang sespan, pastikan bodi motor dalam keadaan bersih dan tidak berdebu. Setelah itu, pasang kaki samping pada motor bebek agar motor bisa diposisikan dengan stabil saat proses pemasangan. Setelah itu, siapkan plat besi yang akan dijadikan sebagai dasar dari sespan.

3. Potong Plat Besi Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Potong plat besi sesuai ukuran yang diinginkan untuk sespan menggunakan gerinda. Pastikan hasil potongan sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan tidak tajam agar tidak membahayakan pengguna saat memasukkan atau mengambil barang di dalam sespan.

4. Pasang Plat Besi ke Bodi Motor

Setelah plat besi sudah sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan, pasang plat besi ke bodi motor dengan menggunakan paku atau baut. Pastikan plat besi terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Topeng Sederhana dari Kertas

5. Pasang Pengunci Sespan

Setelah plat besi terpasang dengan kuat, pasang pengunci sespan di atas plat besi. Pengunci sespan ini berfungsi untuk membuka dan menutup sespan saat akan mengambil atau memasukkan barang di dalamnya. Pasang pengunci sesuai dengan ukuran sespan yang dibuat.

6. Pasang Karet Pada Pengunci Sespan

Pasang karet pada pengunci sespan agar lebih aman dan nyaman saat membuka dan menutupnya. Karet ini berfungsi untuk mencegah pengguna terkena jepitan atau cedera saat membuka pengunci sespan.

7. Pasang Tangkai Sespan

Setelah pengunci terpasang, pasang tangkai sespan pada sisi yang diperlukan. Pastikan tangkai terpasang dengan rapat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

8. Pasang Rel Sespan

Setelah tangkai terpasang, pasang rel sespan pada sisi yang diperlukan. Rel sespan ini berfungsi untuk menopang sespan dan mencegah sespan goyah saat digunakan. Pastikan rel terpasang dengan kuat dan rapi agar tidak mudah lepas saat digunakan.

9. Pasang Tutup Sespan

Setelah semua komponen terpasang, pasang tutup sespan agar barang yang disimpan tetap aman dan terjaga dari debu atau air. Tutup sespan bisa dibuat dari bahan yang sama dengan dasar sespan atau menggunakan bahan yang lebih fleksibel seperti kain atau plastik.

10. Finishing

Setelah semua komponen terpasang dan sesuai dengan bentuk yang diinginkan, lakukan finishing dengan cara mengecat plat besi sesuai dengan selera atau menggunakan stiker yang menarik.

FAQ

1. Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat sespan sederhana di motor bebek?

Untuk membuat sespan sederhana di motor bebek, yang perlu disiapkan adalah plat besi, paku, baut, seperangkat kaki samping, paku rivet, per karet, dan alat seperti gerinda, obeng, kunci pas, penjepit besi, dan tang rivet.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tongseng Daging Kambing Sederhana

2. Apa manfaat membuat sespan sederhana di motor bebek?

Membuat sespan sederhana di motor bebek memiliki banyak manfaat, antara lain untuk menambah kapasitas angkut barang, mempermudah pengendalian motor saat membawa barang, dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sespan sederhana di motor bebek?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sespan sederhana di motor bebek tergantung dari keahlian dan pengalaman pembuatnya. Secara estimasi, proses pembuatan bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam.

4. Apakah ada risiko saat membuat sespan sederhana di motor bebek?

Risiko saat membuat sespan sederhana di motor bebek adalah terkena jepitan atau luka saat memotong atau memasang plat besi. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan kacamata saat proses pembuatan.

5. Bagaimana cara merawat sespan sederhana di motor bebek?

Untuk merawat sespan sederhana di motor bebek, sebaiknya rutin membersihkan dan merawatnya agar tidak mudah rusak atau berkarat. Selain itu, pastikan sespan tidak terlalu berat saat membawa barang agar tidak mempengaruhi keseimbangan motor saat berkendara.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Bikin Sespan Sederhana di Motor Bebek

https://youtube.com/watch?v=TQwx-p7e1tw