Cara Bikin Pisang Gapit Sederhana untuk Sobat Sederhana

Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pisang gapit sederhana. Pisang gapit merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan digoreng hingga kecoklatan. Rasanya yang manis dengan tekstur renyah membuat makanan ini banyak disukai oleh masyarakat. Berikut adalah cara membuat pisang gapit sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat pisang gapit, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Pisang raja
5 buah
Tepung terigu
300 gram
Gula pasir
100 gram
Garam
1/2 sendok teh
Air
500 ml
Minyak goreng
secukupnya

Sobat Sederhana, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik sebelum memulai langkah pembuatan pisang gapit.

Langkah-langkah Pembuatan Pisang Gapit

1. Bersihkan Pisang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan pisang. Sobat Sederhana dapat memilih pisang jenis raja yang cukup matang agar rasanya lebih manis. Setelah itu, kupas kulit pisang hingga bersih dan potong menjadi 3 bagian.

2. Campurkan Bahan Tepung

Setelah pisang bersih, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan Air

Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan tepung sambil terus diaduk hingga adonan tepung menjadi agak encer namun tetap kental.

4. Goreng Pisang

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas. Setelah itu, gulingkan potongan pisang ke dalam adonan tepung hingga tertutupi secara merata. Kemudian goreng pisang dalam minyak panas hingga kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Masak Udang

5. Tiriskan Pisang

Setelah goreng, angkat pisang dan tiriskan dari minyak. Pisang gapit pun siap disajikan.

FAQ Mengenai Pembuatan Pisang Gapit

1. Apakah Pisang Gapit Cocok untuk dijadikan Camilan?

Tentu saja. Pisang gapit sangat cocok dijadikan camilan karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Selain itu, pisang gapit juga sangat mudah dibuat.

2. Apakah Harus Menggunakan Pisang Raja?

Tentu saja tidak. Meskipun pisang raja lebih disarankan untuk dibuat menjadi pisang gapit, Sobat Sederhana masih bisa menggunakan jenis pisang lainnya.

3. Apakah Adonan Tepung Bisa Diganti dengan Tepung Lainnya?

Bisa. Sobat Sederhana masih bisa menggunakan tepung lainnya seperti tepung beras atau tepung kacang hijau, namun pastikan takarannya sudah disesuaikan.

4. Bisakah Pisang Gapit Disimpan dalam Wadah?

Bisa. Jika Sobat Sederhana tidak ingin langsung menyajikan pisang gapit, Sobat Sederhana bisa menyimpannya dalam wadah yang tertutup dan diletakkan di dalam kulkas. Pisang gapit masih bisa dimakan dalam waktu 2-3 hari setelah pembuatan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pisang gapit sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Pisang gapit merupakan makanan yang sangat lezat dan mudah dibuat. Jangan ragu untuk mencobanya sendiri di rumah. Selamat mencoba, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Pisang Gapit Sederhana untuk Sobat Sederhana