Cara Bikin Mie Tek Tek Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mie tek tek sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Bagi yang belum tahu, mie tek tek adalah makanan khas dari daerah Jawa Timur yang terbuat dari tepung terigu dan air dengan tekstur yang kenyal dan berwarna putih. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi dan berbagai bumbu pelengkap seperti irisan daun bawang, emping, dan sambal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak mie tek tek, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein tinggi
500 gram
Air dingin
300 ml
Garam
1 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat mie tek tek sederhana ini!

Langkah-langkah membuat mie tek tek sederhana

Berikut adalah langkah-langkah lengkap untuk membuat mie tek tek sederhana yang enak dan mudah:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Pastikan tepung terigu yang kamu gunakan adalah tepung terigu protein tinggi, karena tepung terigu dengan kadar protein yang rendah tidak akan menghasilkan mie tek tek yang kenyal.

2. Campurkan tepung terigu, air, dan garam

Setelah semua bahan siap, campurkan tepung terigu, air dingin, dan garam di dalam mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan adonan terlihat kalis. Kamu bisa menggunakan tangan atau alat pengaduk untuk lebih cepat dan mudah.

3. Uleni adonan hingga elastis

Selanjutnya, uleni adonan mie tek tek menggunakan tangan atau mesin pengaduk hingga adonan terlihat elastis dan kenyal. Proses pengulenan ini penting untuk mengembangkan gluten di dalam adonan, sehingga mie tek tek yang dihasilkan nantinya akan lebih kenyal dan tidak mudah putus.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Tumpeng Nasi Kuning Sederhana

4. Diamkan adonan selama 15-30 menit

Setelah adonan mie tek tek selesai diuleni, diamkan adonan selama 15-30 menit untuk memberikan waktu bagi gluten untuk berkembang lebih lanjut dan adonan menjadi lebih elastis. Kamu bisa menutup adonan menggunakan serbet atau plastik wrap agar tidak kering atau terkena udara.

5. Rebus mie tek tek dalam air mendidih

Setelah adonan mie tek tek sudah dibiarkan selama 15-30 menit, sekarang saatnya memasak mie tek tek dalam air mendidih. Rebus air hingga mendidih, lalu ambil sejumput adonan mie tek tek dan giling atau pencet adonan tersebut dengan alat khusus mie tek tek atau bisa juga dengan menggunakan botol plastik yang sudah diberikan sayatan di bagian dasarnya untuk membentuk mie tek tek.

Setelah mie tek tek terbentuk, masukkan ke dalam air mendidih dan biarkan selama 2-3 menit atau hingga mie tek tek terlihat mengapung. Angkat mie tek tek dan tiriskan.

6. Tambahkan bumbu pelengkap

Setelah mie tek tek sudah matang, kamu bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti kuah kaldu ayam atau sapi, irisan daun bawang, emping, dan sambal sesuai selera. Mie tek tek siap disajikan!

FAQ tentang mie tek tek sederhana

1. Apa itu mie tek tek?

Mie tek tek adalah makanan khas dari daerah Jawa Timur yang terbuat dari tepung terigu dan air dengan tekstur yang kenyal dan berwarna putih. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi dan berbagai bumbu pelengkap seperti irisan daun bawang, emping, dan sambal.

2. Bagaimana cara membuat mie tek tek yang enak dan mudah?

Untuk membuat mie tek tek yang enak dan mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung terigu protein tinggi, air dingin, garam, dan minyak goreng. Kemudian kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Forex Untuk Sobat Sederhana

3. Apa saja bumbu pelengkap untuk mie tek tek?

Bumbu pelengkap untuk mie tek tek bisa berupa kuah kaldu ayam atau sapi, irisan daun bawang, emping, dan sambal sesuai selera.

4. Apa yang harus diperhatikan saat membuat mie tek tek?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat mie tek tek adalah pemilihan tepung terigu yang tepat, pengulenan adonan, dan proses memasak mie tek tek dalam air mendidih. Pastikan juga bahwa mie tek tek sudah matang dengan cara menguji apakah mie tek tek sudah kenyal dan tidak lengket.

5. Berapa lama mie tek tek dapat disimpan?

Mie tek tek dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama 2-3 hari. Sebaiknya jangan menyimpan mie tek tek terlalu lama karena bisa menjadi basi dan tidak enak.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Mie Tek Tek Sederhana untuk Sobat Sederhana