Cara Bikin Mac N Cheese Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara bikin mac n cheese sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Mac n cheese adalah hidangan pasta yang berasal dari Amerika Serikat dan sangat populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Hidangan ini terdiri dari pasta elbow yang dicampur dengan saus keju yang lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat mac n cheese sederhana, ada beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Pasta elbow
250 gram
Susu cair
250 ml
Keju cheddar parut
100 gram
Mentega
25 gram
Tepung terigu
25 gram
Garam
Secukupnya
Merica bubuk
Secukupnya

Cara Membuat

Nah, setelah semua bahan sudah disiapkan, sekarang saatnya kita mulai membuat mac n cheese sederhana. Berikut ini adalah cara membuatnya:

1. Rebus Pasta Elbow

Pertama-tama, rebus pasta elbow dalam air mendidih yang telah diberi garam selama kurang lebih 10 menit atau hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan sisihkan.

2. Buat Saus Keju

Lelehkan mentega dalam panci di atas api sedang. Tambahkan tepung terigu dan aduk rata selama sekitar 2 menit. Tuang susu cair secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan tidak bergerindil. Tambahkan keju cheddar parut, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga keju meleleh dan tercampur sempurna.

3. Campurkan Pasta dan Saus Keju

Campurkan pasta elbow yang sudah direbus dengan saus keju yang sudah dibuat. Aduk rata hingga pasta terbalut dengan saus keju.

4. Panggang Mac N Cheese

Setelah pasta dan saus tercampur rata, masukkan ke dalam loyang. Panggang di dalam oven suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga permukaan pasta berwarna kecoklatan dan renyah.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Kerja Alat Press Plastik Sederhana

5. Sajikan

Angkat dan hidangkan mac n cheese sederhana yang lezat ini selagi masih hangat. Kamu bisa menambahkan topping seperti paprika atau parsley sesuai selera.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bisakah Saus Keju Dibuat Sehari Sebelumnya?

Ya, kamu bisa membuat saus keju sehari sebelumnya dan menyimpannya di lemari es. Sebelum digunakan, panaskan saus keju terlebih dahulu di atas api sedang hingga meleleh dan tercampur sempurna.

2. Apa Saja Jenis Keju yang Bisa Digunakan?

Kamu bisa menggunakan keju cheddar, mozzarella, atau yang lainnya sesuai selera.

3. Bisakah Pasta yang Digunakan Berbeda dengan Elbow?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan jenis pasta lain seperti fusilli atau penne. Namun perlu diingat bahwa resep mac n cheese tradisional memakai elbow pasta.

4. Apa yang Bisa Ditambahkan Sebagai Topping?

Kamu bisa menambahkan topping seperti paprika, parsley, atau breadcrumbs sebagai tambahan cita rasa dan tekstur.

5. Bisakah Mac N Cheese Dibuat Tanpa Oven?

Tentu saja, kamu bisa memanggang mac n cheese dengan oven atau menggunakan microwave, atau bahkan hanya memanaskan di atas kompor hingga panas dan renyah.

Kesimpulan

Semoga artikel ini membantu kamu untuk membuat mac n cheese sederhana yang lezat. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan jangan lupa untuk berbagi kepada keluarga dan teman-temanmu. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Mac N Cheese Sederhana