Cara Bikin Bolu Gulung Kukus Sederhana

Halo sobat sederhana! Apa kabar? Kali ini saya akan berbagi resep cara bikin bolu gulung kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Bolu gulung kukus merupakan salah satu kue yang paling populer di Indonesia. Selain enak, bolu gulung kukus juga sangat mudah dibuat. Yuk simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu gulung kukus, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
100 gram
Telur ayam
3 butir
Gula pasir
100 gram
Vanili
1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Cara membuat bolu gulung kukus sederhana

Dalam membuat bolu gulung kukus sederhana, terdapat beberapa tahapan yang harus kamu ikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Pastikan semua bahan dalam kondisi yang baik dan terpisah.

2. Kocok telur

Selanjutnya, kocok telur dengan mixer atau pengocok telur hingga berbusa dan kental. Proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit.

3. Tambahkan gula pasir

Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga gula larut dan adonan menjadi kental dan mengembang.

4. Tambahkan tepung terigu

Tambahkan tepung terigu dan vanili ke dalam adonan telur sambil diaduk perlahan hingga semuanya tercampur rata. Jangan terlalu banyak mengaduk agar adonan tidak kehilangan udara yang sudah terbentuk.

5. Tambahkan pewarna makanan (opsional)

Jika kamu ingin membuat bolu gulung kukus yang berwarna, tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Aduk hingga tercampur rata.

6. Panggang adonan

Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 15-20 menit hingga matang. Jangan membuka oven terlalu sering agar adonan tidak kempes.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Console Sederhana

7. Gulung bolu

Ambil bolu dari oven dan balikkan ke atas kain bersih yang sudah dialasi tepung. Gulung bolu bersama kain dan biarkan dingin selama 10-15 menit agar tidak mudah patah saat digulung.

8. Isi bolu

Buka gulungan kain dan oleskan selai atau krim yang sudah kamu siapkan di atas permukaan bolu. Ratakan selai atau krim tersebut dengan spatula atau pisau.

9. Gulung kembali

Gulung kembali bolu menggunakan kain bersih. Tekan-tekan sedikit agar selai atau krim merata dan tidak ada udara yang terperangkap di dalamnya.

10. Sajikan

Potong ujung-ujung bolu dengan pisau yang tajam dan sajikan pada piring saji. Bolu gulung kukus sederhana siap disajikan.

Tips dan trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam membuat bolu gulung kukus sederhana:

1. Kocok telur dengan mixer atau pengocok telur hingga berbusa dan kental.

Hindari mengocok telur secara manual dengan menggunakan garpu atau sendok karena akan memakan waktu yang lebih lama dan hasilnya tidak akan sebagus mengocok telur dengan mixer atau pengocok telur.

2. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga gula larut dan adonan menjadi kental dan mengembang.

Jangan menambahkan gula pasir secara berlebihan atau terlalu sedikit karena akan mempengaruhi kualitas dan tekstur bolu gulung kukus yang dihasilkan.

3. Tambahkan tepung terigu dan vanili ke dalam adonan telur sambil diaduk perlahan hingga semuanya tercampur rata.

Adonan harus dicampur dengan hati-hati agar adonan tidak kehilangan udara yang sudah terbentuk sehingga bolu gulung kukus yang dihasilkan lebih empuk.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam membuat bolu gulung kukus sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat bolu gulung kukus sederhana adalah sekitar 30-45 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pempek Sederhana dan Enak

2. Apa yang harus dilakukan jika bolu gulung kukus yang dihasilkan terlalu keras?

Jika bolu gulung kukus yang dihasilkan terlalu keras, kemungkinan besar telur sudah terlalu lama dikocok atau oven terlalu panas. Coba kurangi waktu pengocokan telur atau kurangi suhu oven saat memanggang.

3. Bolehkah memasukkan adonan bolu gulung kukus ke dalam loyang yang lebih besar atau lebih kecil dari yang disarankan?

Tidak disarankan memasukkan adonan bolu gulung kukus ke dalam loyang yang lebih besar atau lebih kecil dari yang disarankan karena akan mempengaruhi waktu dan suhu saat memanggang serta hasil akhir yang dihasilkan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Bikin Bolu Gulung Kukus Sederhana