Biaya Membuat Ice Cream dan Cara Membuatnya dengan Bahan Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makan ice cream? Tentu saja hampir semua orang suka makan ice cream! Namun, membeli ice cream di toko terkadang terasa mahal, apalagi jika melihat ukurannya yang kecil. Oleh karena itu, mengapa tidak mencoba membuat ice cream sendiri di rumah? Selain lebih murah, membuat ice cream sendiri juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Di artikel ini, kita akan membahas tentang biaya membuat ice cream dan cara membuatnya dengan bahan sederhana. Selamat membaca!

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat ice cream, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini mudah didapatkan di toko-toko bahan makanan atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
2 gelas
Gula pasir
1/2 gelas
Vanilla extract
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Krim kental
1 gelas

Biaya Membuat Ice Cream

Membuat ice cream di rumah ternyata lebih murah dibandingkan membeli ice cream di toko. Biaya membuat ice cream tergantung pada harga bahan-bahan yang digunakan. Berikut adalah estimasi biaya membuat ice cream dengan bahan dan jumlah yang telah disebutkan sebelumnya:

Bahan Harga (per satuan) Jumlah Total Harga
Susu cair Rp10.000 2 gelas Rp20.000
Gula pasir Rp8.000 1/2 gelas Rp4.000
Vanilla extract Rp15.000 1 sendok teh Rp15.000
Garam Rp2.000 1/4 sendok teh Rp1.000
Krim kental Rp15.000 1 gelas Rp15.000
Total Biaya Rp55.000

Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa biaya membuat ice cream sebesar Rp55.000. Tentu saja, harga bisa berbeda-beda tergantung pada tempat atau toko tempat anda membeli bahan-bahan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Warisan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Ice Cream

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat ice cream dengan bahan sederhana:

  1. Panaskan susu cair, gula pasir, vanilla extract, dan garam dalam panci dengan api sedang. Aduk rata hingga gula benar-benar larut.
  2. Tambahkan krim kental ke dalam adonan susu. Aduk rata dan pastikan tidak ada gumpalan.
  3. Matikan api dan biarkan adonan dingin di suhu ruangan. Setelah dingin, simpan adonan di dalam lemari es selama minimal 2 jam.
  4. Saat adonan sudah dingin dan mengental, siapkan mesin ice cream. Masukkan adonan ke dalam mesin dan nyalakan mesin sesuai dengan instruksi yang tertera pada mesin tersebut.
  5. Setelah sekitar 20-30 menit, adonan akan menjadi krimi dan teksturnya akan lebih padat. Angkat adonan dari mesin dan simpan dalam wadah di dalam freezer selama minimal 2 jam sebelum disajikan.

FAQ tentang Membuat Ice Cream

1. Apa yang bisa saya lakukan jika tidak punya mesin ice cream?

Jika tidak memiliki mesin ice cream, anda masih bisa membuat ice cream di rumah dengan bahan yang sama. Setelah membuat adonan ice cream, tuangkan adonan ke dalam wadah yang cukup besar. Simpan wadah tersebut ke dalam freezer dan aduk setiap 30 menit selama sekitar 2-3 jam hingga adonan mengental.

2. Bisakah saya menggunakan bahan lain selain vanilla extract?

Tentu saja! Anda bisa menggunakan bahan lain seperti cokelat bubuk, stroberi bubuk, atau buah-buahan segar untuk memberikan rasa pada ice cream. Selain itu, anda juga bisa menambahkan makanan atau permen ke dalam adonan ice cream untuk memberikan lebih banyak variasi pada rasa.

3. Berapa lama ice cream bisa disimpan?

Ice cream yang sudah dibuat di rumah bisa disimpan dalam freezer selama beberapa minggu. Namun, untuk mendapatkan tekstur yang lembut, sebaiknya ice cream disimpan hanya selama 1-2 minggu.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana untuk Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita telah belajar tentang biaya membuat ice cream dan cara membuatnya dengan bahan sederhana. Meskipun membuat ice cream di rumah membutuhkan sedikit usaha, hasilnya pasti akan terasa nikmat dan menyenangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Biaya Membuat Ice Cream dan Cara Membuatnya dengan Bahan Sederhana