Bahan dan Cara Membuat Bolu Panggang Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kalian suka memasak? Jika iya, kali ini saya akan berbagi resep bolu panggang sederhana yang mudah dibuat di rumah. Siapa sih yang tidak suka dengan bolu panggang? Dengan bahan yang mudah didapat dan cara yang sederhana, bolu panggang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan atau bahkan sebagai camilan sehari-hari. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bolu panggang sederhana:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Telur ayam
4 butir
Mentega
100 gram
Vanili bubuk
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Susu cair
250 ml

Cara Membuat

Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan untuk membuat bolu panggang sederhana:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan bahan yang digunakan sudah terukur dengan benar agar hasilnya pun maksimal. Selain itu, pastikan juga bahan-bahan tersebut dalam kondisi segar dan berkualitas baik.

2. Ayak Tepung Terigu dan Baking Powder

Kemudian, ayak tepung terigu dan baking powder agar tidak ada gumpalan pada adonan. Hal ini akan membuat struktur bolu panggang lebih lembut dan empuk.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan berwarna putih pucat. Pastikan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang agar hasil kocokan tidak terlalu hancur.

4. Masukkan Tepung Terigu dan Bahan Lainnya

Setelah itu, masukkan tepung terigu, vanili bubuk, garam, dan susu cair secara bergantian ke dalam adonan telur dan gula pasir sambil terus dikocok dengan mixer. Kemudian, masukkan mentega cair dan aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Memainkan Alat Treadmill Sederhana

5. Tuang ke Dalam Loyang

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles mentega dan taburi dengan tepung terigu. Pastikan loyang sudah dipanaskan terlebih dahulu di dalam oven selama beberapa menit agar bolu panggang matang merata.

6. Panggang di dalam Oven

Terakhir, panggang adonan di dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong-potong dan disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar resep bolu panggang sederhana:

1. Apakah harus memakai mixer untuk mengocok adonan?

Tidak harus. Namun, menggunakan mixer akan mempermudah proses pengocokan adonan dan menghasilkan tekstur bolu panggang yang lebih lembut dan empuk.

2. Apakah harus memakai susu cair?

Tidak harus. Susu cair dapat diganti dengan susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air, atau bahkan bisa diganti dengan air biasa.

3. Kenapa bolu panggang tidak mengembang?

Bolu panggang tidak mengembang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adonan yang terlalu padat, terlalu banyak mengocok adonan, atau suhu oven yang terlalu rendah.

4. Bisakah menambahkan bahan lain seperti cokelat atau buah-buahan?

Tentu saja bisa. Bolu panggang juga dapat dipadukan dengan berbagai bahan lain sesuai selera. Namun, pastikan bahan tersebut dicincang halus agar tidak mengganggu struktur bolu panggang.

Itulah resep dan cara membuat bolu panggang sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Bahan dan Cara Membuat Bolu Panggang Sederhana