Bagaimana Cara Pengambilan Sampel Random Sederhana Menurut Beberapa Ahli

Halo Sobat Sederhana! Sampel random sederhana merupakan teknik pengambilan sampel yang populer dalam penelitian. Teknik pengambilan sampel ini sering digunakan karena keuntungan-keuntungan yang dimilikinya. Selain itu, teknik pengambilan sampel ini juga mudah dilakukan bagi peneliti dengan sedikit pengalaman atau anggaran terbatas. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara pengambilan sampel random sederhana menurut beberapa ahli. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Sampel Random Sederhana?

Sebelum kita memulai pembahasan tentang cara pengambilan sampel random sederhana, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu sampel random sederhana. Sampel random sederhana adalah teknik pengambilan sampel di mana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Dalam teknik ini, setiap anggota populasi dipilih secara acak dan independen dari anggota populasi lainnya.

Sampel random sederhana memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Peluang kesalahan pengambilan sampel sangat rendah
  • Menghasilkan sampel yang representatif dari populasi
  • Mudah dilakukan oleh peneliti dengan sedikit pengalaman atau anggaran terbatas

Contoh

Contoh penggunaan sampel random sederhana adalah ketika kita ingin mengetahui tinggi badan siswa SMA di suatu kota. Kita dapat menggunakan sampel random sederhana dengan cara memilih secara acak sejumlah siswa dari setiap sekolah di kota tersebut. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa sampel kita representatif dari populasi siswa SMA di kota tersebut.

Beberapa Ahli Tentang Cara Pengambilan Sampel Random Sederhana

Ada beberapa ahli yang telah mengemukakan pendapatnya mengenai cara pengambilan sampel random sederhana. Berikut ini adalah beberapa pandangan ahli tersebut:

1. Prof. Dr. Ir. Tono Rustoro

Menurut Prof. Dr. Ir. Tono Rustoro, cara pengambilan sampel random sederhana yang baik adalah dengan menggunakan tabel bilangan acak atau komputer untuk menentukan anggota populasi yang akan dipilih menjadi sampel. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kurva Uji Regresi Linier Sederhana

Sebagai contoh, jika kita ingin mengambil sampel 50 mahasiswa dari total populasi 1000 mahasiswa, kita dapat menggunakan tabel bilangan acak dengan memilih nomor acak sebanyak 50 kali dan memilih mahasiswa dengan nomor urut yang sesuai di dalam populasi.

2. Drs. Agus Salim

Menurut Drs. Agus Salim, cara pengambilan sampel random sederhana yang baik adalah dengan menggunakan stratifikasi. Stratifikasi adalah teknik pengelompokkan populasi ke dalam beberapa strata atau lapisan yang homogen. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sampel yang diambil representatif dari masing-masing strata.

Sebagai contoh, jika kita ingin mengambil sampel dari populasi siswa SMA di suatu kota, kita dapat menggunakan stratifikasi berdasarkan jenis kelamin dan kelas. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa sampel kita representatif dari masing-masing jenis kelamin dan kelas di populasi tersebut.

3. Dr. Ir. Ahmad Syarifuddin

Menurut Dr. Ir. Ahmad Syarifuddin, cara pengambilan sampel random sederhana yang baik adalah dengan menggunakan systematic random sampling. Systematic random sampling adalah teknik pengambilan sampel di mana kita memilih setiap k anggota populasi secara acak, kemudian memilih anggota populasi berikutnya sebagai sampel dengan jarak yang sama k anggota.

Sebagai contoh, jika kita ingin mengambil sampel dari populasi karyawan di suatu perusahaan, kita dapat menggunakan systematic random sampling dengan memilih setiap 10 karyawan secara acak, kemudian memilih karyawan berikutnya sebagai sampel dengan jarak yang sama 10 karyawan.

Cara Pengambilan Sampel Random Sederhana yang Tepat

Setelah memahami beberapa pandangan ahli mengenai cara pengambilan sampel random sederhana, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada satu cara pengambilan sampel random sederhana yang tepat dan universal. Cara pengambilan sampel yang tepat harus disesuaikan dengan tujuan penelitian, karakteristik populasi, dan kondisi lapangan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Samsak yang Sederhana

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cara pengambilan sampel random sederhana yang tepat:

  • Tujuan penelitian
  • Karakteristik populasi
  • Kondisi lapangan
  • Anggaran
  • Waktu

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu sampel random sederhana?

Sampel random sederhana adalah teknik pengambilan sampel di mana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel.

2. Apa keuntungan dari penggunaan sampel random sederhana?

Keuntungan dari penggunaan sampel random sederhana adalah peluang kesalahan pengambilan sampel sangat rendah, menghasilkan sampel yang representatif dari populasi, dan mudah dilakukan oleh peneliti dengan sedikit pengalaman atau anggaran terbatas.

3. Apa saja cara pengambilan sampel random sederhana yang ada?

Berikut ini adalah beberapa cara pengambilan sampel random sederhana yang ada:

  • Menggunakan tabel bilangan acak atau komputer
  • Stratifikasi
  • Systematic random sampling

4. Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih cara pengambilan sampel random sederhana yang tepat?

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cara pengambilan sampel random sederhana yang tepat adalah tujuan penelitian, karakteristik populasi, kondisi lapangan, anggaran, dan waktu.

Penutup

Demikianlah artikel kita mengenai bagaimana cara pengambilan sampel random sederhana menurut beberapa ahli. Dalam artikel ini, kita telah memahami apa itu sampel random sederhana, beberapa pandangan ahli mengenai cara pengambilan sampel random sederhana, dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cara pengambilan sampel random sederhana yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang sedang melakukan penelitian atau studi. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Bagaimana Cara Pengambilan Sampel Random Sederhana Menurut Beberapa Ahli